Membangun Kedekatan Bersama Pelanggan Hanya Dalam Satu Genggaman

Senin, 28 Juni 2021

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Saat ini dunia sudah memasuki Industri 4.0, atau biasa disebut Revolusi Industri Keempat. Pada Industri 4.0 ini, ada banyak perusahaan-perusahaan besar yang saling berlomba untuk berinovasi demi memberi kemudahan dari berbagai aspek didalam kehidupan.

Tidak bisa dipungkiri, seiring perkembangan teknologi dan revolusi yang begitu pesat di zaman sekarang ini ada banyak bidang kehidupan manusia yang berubah, seperti gaya hidup, dunia kerja, dan juga dibidang ekonomi. Di era sekarang ini gaya hidup manusia tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya gadget, begitupun juga di dunia kerja, ada banyak jenis pekerjaan baru yang tidak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya namun kini bermunculan.

Didang Ekonomi, perusahaan-perusahaan terus berusaha berinovasi guna meningkatkan pelayanan nya kepada konsumen. Salah satunya Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan PT PLN. Perusahaan BUMN yang dipimpin oleh Zulkifli Zaini sebagai direktur utamanya ini, baru-baru ini meluncurkan sebuah aplikasi layanan pelanggan yang diberi nama PLN Mobile.

Aplikasi PLN Mobile ini pertama kali diluncurkan sejak akhir Desember tahun 2020 lalu, dan terus melakukan pengembangan fitur didalamnya guna meningkatkan kepuasan pelanggan dalam memanfaatkannya.

Aplikasi PLN Mobile yang kini sudah bisa di download di Playstore dan AppStore ini memiliki beberapa fitur-fitur unggulan yang diharapkan mampu menciptakan kedekatan antara perusahaan dan pelanggan.

Fitur-fitur utamanya antara lain :

1. Pembayaran Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Pasca Bayar.
Dengan fitur ini, pelanggan listrik pascabayar tidak lagi perlu mengorbankan banyak waktu untuk sekedar pergi mencari konter terdekat guna melunasi tagihan listrik yang digunakan

2. Pembayaran Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Pra Bayar.
Tak hanya memudahkan pelanggan pasca bayar, pelanggan pra bayar juga akan dimanjakan dengan salah satu fitur unggulan PLN Mobile ini. Jadi ketika listrik tiba-tiba padam dikarenakan kehabisan token, kita tidak perlu lagi repot-repot pergi keluar rumah untuk mencari tempat pengisian ulang token listrik.

3. Mengajukan Layanan Pengubahan Daya.
Nah untuk yang satu ini, jika ada pelanggan yang ingin melakukan perubahan daya tidak lagi harus repot-repot mendatangi, mengantri, dan mengikuti beberapa prosedur di Kantor PLN. Cukup dengan aplikasi PLN Mobile, kini pelanggan hanya perlu masuk ke menu "Layanan Listrik Tambah Daya" didalamnya. Kemudian dilanjutkan dengan memasukan ID Pelanggan dan melengkapi data sebagai pemohon beserta daya yang diinginkan. Setelah semua nya selesai, pelanggan akan mendapatkan intruksi untuk melakukan pembayaran, sesimpel itu bukan?.

4. Monitor Penggunaan dan Pembelian Listrik.
Di fitur ini kita bisa melihat seberapa banyak daya yang kita gunakan setiap bulannya. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi menyimpan resi pembelian di masa lalu hanya untuk mengecek penggunaan kita. Fitur ini tentunya sangat memudahkan kita untuk mengontrol penggunaan listrik menjadi lebih efisien.

5. Layanan Pengaduan Pelanggan.
Pengaduan gangguan dan keluhan listrik lebih cepat dan mudah. Para pelanggan bisa menyampaikan pengaduan gangguan dan keluhan mereka dengan mengakses aplikasi PLN Mobile dalam kurun waktu 1x24 jam.

6. Fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM).
Fitur ini merupakan fitur terbaru dan paling canggih pada aplikasi PLN Mobile. Dengan fitur yang merupakan hasil pembaruan aplikasi pada April 2021 lalu ini, para pelanggan pascabayar bisa mengetahui estimasi tagihan listrik yang harus dibayar pada bulan selanjutnya. Fitur SwaCam ini juga sebagai bentuk transparansi perusahaan terhadap jumlah pemakaian pelanggan.

Setelah membaca fitur-fitur utama tadi, sudah bisa kita pastikan bahwa aplikasi PLN Mobile ini merupakan jawaban dari seluruh kebutuhan pelanggan dengan kemasan canggih dan futuristik hanya dalam satu genggaman.

M. Hosen selaku Manager ULP PLN Tembilahan mengatakan bahwa hingga saat ini untuk diwilayah kerja ULP PLN Tembilahan sudah ada sebanyak 10.592 pelanggan yang telah mendownload dan memanfaatkan gebrakan inovasi terbaru pada aplikasi PLN Mobile ini.

"Sampai saat ini sudah ada sebanyak 10.592 pelanggan di wilayah Tembilahan yang terdaftar sebagai pengguna aplikasi PLN Mobile", ujar nya.

Selain itu Manager ULP PLN Tembilahan ini juga mengatakan, dengan diluncurkannya aplikasi PLN Mobile diharapkan mampu memberikan kemudahan serta kenyaman bagi seluruh para pelanggan PLN di wilayah Tembilahan.

"Karena sudah hampir semua orang memiliki gadget, kami menargetkan aplikasi PLN Mobile ini secepatnya sudah ada berada didalam genggaman seluruh pelanggan di wilayah kerja kami", Ujar Hosen.