Operasikan Pelabuhan Parit 21 Tembilahan, PT KIG dan Pelindo Tandatangani Perjanjian KSO

Jumat, 27 Agustus 2021

PT KIG dan Pelindo I Tembilahan tandatangani perjanjian kerja sama.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - PT Kelapa Indragiri Hilir Gemilang (KIG) dan PT Pelindo I Persero menandatangi perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) pengoperasian Pelabuhan Parit 21 Tembilahan.

Penandatanganan kerja sama tersebut digelar dalam pertemuan di Pekanbaru, Jumat 27 Agustus 2021. PT KIG dihadiri oleh Direktur Utama Ibnu Utama yang didampingi Direktur Keuangan, Amiruddin dan PT Pelindo I Tembilahan dihadiri General Manejer, Aulia Rahman.

"Telah dicapai kesepakatan bersama antara PT KIG selaku pengelola aset Pelabuhan Parit 21 dan PT Pelindo 1 selaku pemegang legal operator pelabuhan," ujar Dirut PT KIG, Ibnu Utama ketika dikonfirmasi awak media.

Ibnu menambahkan kerjasama tersebut diperkirakan akan memberikan pendapatan ke negara dan pemerintah kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ditengah lesunya perekonomian akibat pandemi Covid-19.

"Kita tinggal menghadap KSOP untuk menindaklanjuti perjanjian ini menjadi  realita," lanjut Ibnu.

Ibnu berahap dengan perjanjian tersebut, masing-masing pihak mengisi hak dan kewajiban nya sehingga terbentuk kolaborasi yang memberikan manfaat positif bagi perekonomian daerah dan perekonomian nasional.

"Ini adalah langkah kecil yang memerlukan beberapa langkah lagi agar Pelabuhan Indragiri menjadi Pelabuhan ekspor internasional. Yang cukup rumit nantinya karena akan melibatkan tiga sampai empat instansi vertikal lainnya seperti Bea Cukai, Karantina Kementrian Pertanian, Imigrasi dan Aparat Keamanan," pungkas Ibnu.