SD Negeri di Sergai Laksanakan Asesmen Nasional Secara PTM Terbatas

Rabu, 01 September 2021

INHILKLIK.COM, SERGAI - Sekolah Dasar (SD) Negeri 102041 Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Serdangbedagai, Sumatera Utara, sudah melakukan Asesmen Nasional (AN), Rabu (1/9/2021).

Asesmen Nasional (AN) dilaksanakan di satuan pendidikan di wilayah yang diperbolehkan melaksanakan Pembelarajan Tatap Muka (PTM) terbatas.

PTM sudah bisa dilakukan di Kabupaten Serdang Bedagai. Mengingat kabupaten tersebut berada di Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3. 

Amatan wartawan, di SD Negeri 102041 Sei Rampah, tampak murid kelas V SD sedang melaksanakan asesmen nasional dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Sekolah SD Negeri 102041 melakukan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN). Asesmen itu suatu proses yang akan dilakukan untuk menghadapi UNBK sekitar bulan Oktober 2021," ujar Tety Yuliana Naibaho Guru kelas V. 
 
Lanjut Tety, Pelaksanaan asesmen nasional ini khusus untuk kelas V (lima) yang dilakukan selama tiga hari, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat.

"Pelaksanaan asesmen ini dilakukan selama dua jam, dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB," ujar Tety. 

Saat disinggung mengenai Protokol kesehatan (prokes), Tety menegaskan pihak sekolah menjalan prokes dengan ketat .

"Yang dilakukan di sekolah itu yang pertama, kita menyediakan cuci tangan. Sebelum masuk ke dalam ruangan, siswa juga diperiksa suhu tubuhnya dengan thermo gun," ujar Tety.

"Selanjutnya siswa diwajibkan pakai masker, kalau tidak memakai masker siswa kami suruh pulang kembali untuk mengambil maskernya,"imbuhnya. 

Sementara itu, jumlah siswa kelas V di SD Negeri 102041 Sei Rampah, berjumlah 35 murid.

"Di dalam kelas, siswa ini dibagi menjadi maksimal 14 orang. Dan jarak duduk pertiap siswanya 1,5 meter dengan susunan zigzag," tutup Tety.