DPC Pemuda Tani Indonesia Kabupaten Asahan Gelar Seminar dan Diskusi Publik

Ahad, 26 September 2021

INHILKLIK.COM, ASAHAN -- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Pemuda Tani Indonesia (PTI) Kabupaten Asahan bersama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan menggelar Seminar dan Diskusi Publik.

Kegiatan ini juga dalam rangka Hari Tani Nasional Tahun 2021, pada Jum’at (24/9/2021) bertempat Kubin Coffe, desa Ledong Barat Kecamatan Aek Ledong Kabupaten Asahan.

Ketua Umum DPC Pemuda Tani Indonesia (PTI) Kabupaten Asahan Muhammad Reza Andhika, S.Agt kepada wartawan menyampaikan bahwa acara yang bertajuk peran strategis ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid-19.

"Bertujuan memberikan arahan dan bimbingan kepada para Kelompok Tani dan masyarakat tentang pengembangan bidang pertanian dalam rangka peningkatan Ketahanan Pangan khususnya di Kabupaten Asahan,"ujarnya.

Melalui kegiatan ini, ditegaskan Reza, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pertanian agar lebih peka lagi dalam melakukan program monitoring kepada setiap kelompok-kelompok tani yang ada di desa-desa. 

Demikian juga dengan evaluasi terhadap minimnya jumlah tenaga-tenaga penyuluh pertanian. Penambahan jumlah tenaga-tenaga penyuluh Pertanian sangat mendesak untuk dilakukan Pemkab Asahan. Agar Petani lebih presentasi lagi didalam melaksanakan kegiatan pertanian baik yang  berhubungan dengan tanaman pangan dan hortikultura.

Dengan Pemuda Tani harus hadir bersama Pemerintah mendampingi petani dalam memberikan edukasi demi kemajuan Petani kita di Asahan,"paparnya yang juga Legislator di DPRD Asahan dari Fraksi Gerindra.

Kemudian, lanjut Reza, Dinas Pertanian agar memprioritaskan pemberian alat-alat pertanian/alsintan, mengingat  para Petani yang saat ini masih banyak mempergunakan alat-alat bersifat manual. 

Sementara, dengan perkembangan zaman dan teknologi maju. Para Petani mengharapkan sentuhan teknologi demi pengembangan bidang pertanian yang tentunya merupakan kewenangan dan kebijakan Pemkab Asahan.

"Pemkab Asahan melalui Dinas Pertanian harus proaktif memahami kebutuhan Kelompok Tani di desa-desa demi peningkatan ekonomi Petani yang lebih baik lagi kedepan”tutup Muhammad Reza Andhika.

Sebelumnya, Sekcam Aek Ledong Afifuddin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas undangan panitia dalam acara ini.

Diharapkannya, kegiatan ini bisa tetap terus berkesinambungan agar para Kelompok Tani bisa belajar tentang pengembangan bidang pertanian. 

“Momen kegiatan ini bisa menjadi sarana bagi para Kelompok Tani untuk mengetahui perkembangan bidang pertanian kedepannya”ungkapnya.

Seminar dan Diskusi Publik ini diwarnai dengan sesion tanya jawab dan strategi pembuatan proposal bantuan kepada Pemerintah.

Turut dihadiri sekaligus sebagai Narasumber yakni Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan Ir. Amir Husin Siregar, MMA, Ketua Umum DPD Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumatera Utara Muhammad Fadli Abdina, SP, M.Si.

Kemudian, Sekjen Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI ) sekaligus Sekjen Pemuda Tani Indonesia Provinsi Sumatera Utara Muhammad Syah, S.ag , mewakili Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Faisal Hendra Siregar, para Pengurus Pemuda Tani Indonesia Kecamatan dan Kelompok Tani, serta Camat Aek Ledong diwakili Sekcam Afifuddin, A.Md.