Bupati Pelalawan Lakukan Kunjungan Kerja Perdana Ke Kecamatan Kuala Kampar

Jumat, 01 Oktober 2021

Kunjungan Bupati Pelalawan H Zukri ke Kecamatan Kuala Kampar.

INHILKLIK.COM, PELALAWAN - Bupati Pelalawan H. Zukri  yang didampingi Wakil Bupati Pelalawan H. Nasarudin, SH., MH beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Pelalawan melaksanakan kunjungan kerja di Desa Sungai Upih Kecamatan Kuala Kampar pada Sabtu (4/9/2021).

Bupati Pelalawan bersama rombongan tiba di dermaga Kelurahan Teluk Dalam pukul 11.30 WIB menggunakan speedboat dan disambut langsung oleh Camat Kuala Kampar berserta masyarakat Kuala Kampar dan diarak menuju kantor camat untuk mengikuti prosesi acara Tepuk Tepung Tawar oleh Lembaga Adat Melayu Riau Kecamatan Kuala Kampar.

Setelah selesai mengikuti acara tepung tawar, bupati beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Sungai Upih menggunakan sepeda motor menempuh satu jam perjalanan. Tujuan kunker ke Desa Sungai Upih ini adalah dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat.

Hari kedua di Pulau Mendol Kecamatan Kuala Kampar, H Zukri menyambut kedatangan Gubernur Riau H Syamsuar, kedatangan orang nomor satu di negeri Melayu Riau ini dalam rangka  meresmikan gedung Pondok Pesantren di Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Kuala Kampar pada Minggu (5/9/2021).

Peresmian diawali dengan pemotongan pita oleh Gubernur Riau Drs. H Syamsuar, M.Si.

Bupati Pelalawan H. Zukri  mengucapkan banyak terimakasih atas sinergisitas Baznas Provinsi Riau dan Baznas Kabupaten Pelalawan atas semua kerja kerasnya sehingga  pondok pesantren satu-satunya di Kecamatan Kuala Kampar ini bisa berdiri.

"Terima kasih yang tak terhingga kepada Basnas Provinsi Riau dan Baznas Kabupaten Pelalawan atas sinerginya membangun pesantren pertama di Pulau Mendol ini,"kata H Zukri.

Bupati juga  mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Riau di Kabupaten Pelalawan, Kecamatan Kuala Kampar yang mana Kecamatan Kuala Kampar merupakan kecamatan terhilir di Kabupaten Pelalawan yang berbatasan langsung dengan Kepulauan Riau.

"Pulau Mendol/Penyalai merupakan salah satu daerah berpotensi ekonomi penghasil padi di Kabupaten Pelalawan dengan luas lahan 500 Hektare dalam satu hamparan yang sudah dikelola oleh masyarakat, kecamatan ini adalah lumbung padinya Kabupaten Pelalawan,"jelasnya.

Dalam sambutannya Gubernur Riau Drs. H Syamsuar, M.Si  menyampaikan bahwa Pemerintah pusat sudah mempunyai program pembangunan ekonomi syariah yang dilaunching oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin juga datang ke Riau untuk melaunching Provinsi Riau sebagai zona ekonomi syariah.
"Adapun yang termasuk dengan ekonomi syariah diantaranya yaitu zakat, wakaf, sedekah dan termasuk yang ada kaitanya dengan keuangan syariah.

Demikian juga dengan zakat, jika digerakkan hasilnya sangat besar untuk kemajuan daerah." Kata Gubri
Gubri berharap pondok pesantren yang dibangun ini dapat jadikan Pondok Pesantren Tahfiz Quran, karena pondok tahfiz di daerah-daerah tidak banyak, apalagi di pulau-pulau.

"Semoga pesantren yang dibangun oleh Baznas ini akan melahirkan Hafizh Hafizhah yang akan menjadi ujung tombak syiar Qur an, itu harapan kita pada santri santri pesantren ini,"harap mantan Bupati Siak ini.

Masih di hari yang sama dalam rangkaian kunker Bupati di Kecamatan Kuala Kampar, H Zukri melantik  53 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Kuala Kampar dan Kecamatan Teluk Meranti di halaman kantor Camat Kuala Kampar pada Minggu (5/9/2021).

Pelantikan serta pengambilan sumpah para anggota Badan Permusyawaratan Desa. H. Zukri menegaskan perlu adanya kolaborasi antara BPD dan kepala desa dalam menggunakan anggaran desa yang efisien serta tepat sasaran. Anggaran Dana Desa diperuntukan bagi kepentingan masyarakat, oleh karena itu pergunakan untuk kesejahteraan masyarakat dan pertanggung jawabkan anggaran tersebut agar tepat sasaran dan menjadi skala prioritas sehingga masyarakat menikmati pembangunan di desanya masing masing.
"Selamat kepada anggota BPD yang terpilih untuk periode 2021-2024, semoga amanah, menjadi bagian pembangunan di desa masing masing," tegasnya.

Hari ketiga Bupati Pelalawan di Kuala Kampar, dengan melakukan  Kerja ke Desa Sungai Solok dan Desa Tanjung Sum l, Senin (6/09/2021).

Dilunker itu, H Zukri mnyempatkan diri meninjau pembangunan jalan lingkar pulau Mendol,  disampaikannya bahwa jalan lingkar Pulau Mendol merupakan prioritas utama pembagunan di Kecamatan Kuala Kampar. Bupati juga mengatakan  pembangunan jalan lingkar Pulau Mendol rencananya akan selesai penimbunan pada Tahun 2022 mendatang. Selain jalan, listrik di Kuala Kampar juga menjadi prioritas beliau agar pada tahun ini listrik di Kuala Kampar bisa beroperasi 24 jam.
Diakhir acara Bupati Pelalawan menandatangi MOU bersama Pj Kades dan Plt Camat Kuala Kampar tentang prioritas pembangunan yang telah disepakati.

Hari keempat dlaam rangkaian kunker Bupati Pelalawan H. Zukri bersama rombongan di Kuala Kampar, H Zukri berkesempatan mengunjungi Desa Teluk Bakau dan Desa Teluk Kecamatan Kuala Kampar pada Selasa (7/09/2021).

Bupati bersama rombongan memulai kunjungan kerja ke Desa Teluk Bakau mengunakan sepeda motor menempuh jarak satu setengah jam perjalanan. Tujuan kunker ke Desa Teluk adalah  mendiagnosa persoalan terkini yang dibutuhkan oleh masyarakat di desa sekaligus untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Dalam kunjungan kerja di Desa Teluk Bakau Bupati H. Zukri melihat langsung kondisi dermaga Desa Teluk Bakau yang sudah rusak. Selain dermaga, bupati juga meninjau jalan usaha tani, turap, PLTS dan SMP N 5 Teluk Bakau.

Usai melaksanakan kegiatan di Desa Teluk Bakau, Bupati H. Zukri  beserta rombongan  melanjutkan perjalanan ke Desa Teluk untuk melaksanakan kunjungan kerja dan menyerap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat kepada bupati. Beberapa keinginan yang disampaikan masyarakat kepada Bupati H. Zukri dalam kunker di Desa Teluk ini adalah sarana jalan dan jembatan, jaringan telekomunikasi dan turap pengaman pantai.

Menanggapi aspirasi warganya, Bupati Pelalawan H Zukri mengatakan bahwa pembangunan jalan menjadi prioritas utama di Kecamatan Kuala Kampar khususnya Jalan Lingkar Pulau Mendol yang mana jalan lingkar ini merupakan akses penghubung lima desa dan satu kelurahan menuju ibukota kecamatan.


"Kita fokus pembangunan jalan dulu sehingga masyarakat bisa menikmati jalan yang layak dan nyaman agar perekonomian bisa berjalan lancar. Terkait dengan jaringan telekomunikasi pada awal Tahun 2022 kita akan bangun  tower di 5 desa di Kecamatan Kuala Kampar."jawab H Zukri.

Hari kelima Bupati Pelalawan H. Zukri bersama rombongan di Kuala Kampar, orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan ini mengunjungi Desa Sungai Emas dan Desa Sokoi, Rabu (8/09/2021).

Bupati bersama rombongan memulai kunjungan kerja ke desa Sungai Emas mengunakan speedboat.

Setibanya di dermaga Desa Sungai Emas, Bupati H. Zukri bersama rombongan disambut langsung oleh kepala Desa Sungai Emas Samsuria bersama masyarakat. Tujuan kunker Bupati Pelalawan ke Desa Sungai Emas dalam rangka melihat sendiri persoalan terkini yang dibutuhkan oleh masyarakat di desa sekaligus untuk menyerap aspirasi di sana.
Di Desa Sungai Emas, Bupati H. Zukri meninjau jalan lintas bono, dermaga, SDN 013 Sungai Emas, jalan lingkungan desa dan pasar Desa Sungai Emas.

Usai melaksanakan kegiatan di Desa Sungai Emas, Bupati H. Zukri  beserta rombongan  melanjutkan perjalanan ke Desa Sokoi untuk melaksanakan kunjungan kerja dan menyerap aspirasi masyarakat. Di Desa Sokoi, Bupati H. Zukri juga melihat pembagunan dermaga kayu di dusun 1 yang dibangun mengunakan anggaran Dana Desa. Selain dermaga, Bupati juga meninjau jalan lingkungan desa, bangunan SDN 014 Sokoi dan bangunan SMP N 3.

Dalam sambutannya Bupati Pelalawan H. Zukri  menyampaikan bahwa pembangunan jalan menjadi prioritas utama di Kecamatan Kuala Kampar. Selain jalan, kebutuhan listrik juga tak kalah penting di Kecamatan Kuala Kampar khususnya Desa Sungai Emas dan Sokoi.

"Mohon doa dan dukungan bapak ibu semua mudah mudahan diakhir bulan November 2021 listrik di Desa Sungai Emas dan Sokoi hidup 24 jam."janjinya
Hari keenam Kunjungan Kerja di Kuala Kampar, Bupati H Zukri berkunjung Ke Desa Teluk Beringin dan Desa Serapung, Kamis (9/09/2021).

Bupati bersama rombongan memulai kunjungan kerja ke desa Teluk beringin mengunakan speedboat. Setibanya di dermaga Desa Teluk Beringin, Bupati H. Zukri bersama rombongan disambut langsung oleh Pj Kepala Desa Teluk Beringin T. Indrawan, S.Sos bersama masyarakat.

Dalam kunjungan kerja di Desa Teluk Beringin Bupati H. Zukri melihat langsung kondisi bangunan SDN 019 yang sudah tidak bisa digunakan. Bupati juga melihat kondisi pintu air, jalan lingkar Pulau Mendol yang berbatasan dengan Desa Teluk Bakau.

Usai melaksanakan kegiatan di Desa Teluk Beringin, Bupati H. Zukri beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Desa Serapung dengan maksud dan tujuan yang sama, mengunjungi masyarakat dan mendengarkan aspirasi mereka.

Di Desa Serapung, Bupati H. Zukri juga melihat kondisi dermaga terapung yang sudah mulai rusak. Selain dermaga, bupati juga meninjau jalan lingkungan desa, pintu air dan mengunjungi SDN 021. Bupati berserta rombongan juga menyempatkan diri berziarah ke makam panjang di Dusun 3 Desa Serapung.

Bupati Pelalawan H. Zukri  berjanji akan segera mengupayakan listrik bisa hidup 24 jam nonstop agar ekonomi masyarakat dan tumbuh dan berkembang.

"Bahkan saya akan memberikan subsidi listrik kepada masarakat Desa Serapung yang kurang mampu." kata Zukri berjanji.


Setelah kunjungan kerjanya di daerah terluar Kabupaten Pelalawan, Pemkab Pelalawan berkomitmen untuk memajukan pembangunan di daerah itu seperti penyelesaian pembangunan jalan lingkar pulau Mendol, realisasi listrik menyala 24 jam dan pembangunan ekonomi lainnya (Adv)