Satgas Gabungan Berhasil Padamkan Lima Hektar Lahan Terbakar di Kuala Cenaku

Ahad, 10 Oktober 2021

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran di Indragiri Hulu. (Ist)

Seluas lima hektar lahan di Desa  Rawa Asri Jalur III, Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Inhu Rabu (6/10), pukul 13.00 terbakar.

Satgas gabungan berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut dengan semak belukar dan rumput ilalang. Api berhasil dijinakkan Jumat (8/10).

Tim gabungan terdiri dari Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Satgas PB BPBD) Kabupaten Indragiri Hulu, TNI, Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Regdam PT SBL, Kesatuan Pengelolaan Hutan Indragiri, Satpol PP dan masyarakat setempat.

" Usaha tim gabungan berhasil.  Pemadaman dan pendinginan agar api tidak meluas," kata Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Abdul Muhari, dalam keterangan pers yang diterima pada Sabtu (9/10).

Penyebab kebakaran  tersebut masih dalam penyelidikan pihak berwajib. 

"Info dari Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) tidak ada kerugian akibat peristiwa ini," ujar Abdul.

BNPB mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah dengan potensi karhutla seperti Kabupaten Indragiri Hulu, meningkatkan kewaspadaan. Diantaranya melakukan koordinasi dan pemantauan lokasi rawan karhutla bersama perangkat daerah setempat serta penjagaan terhadap potensi pembakaran ilegal