Serunya Berwisata Air Terjun Tembulun Rusa di Inhil

Rabu, 10 November 2021

Air Terjun Tembulun Rusa.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Air Terjun Tembulun Rusa merupakan salah satu objek wisata andalan di daerah Riau Daratan yang ramai dikunjungi pada hari Minggu dan hari-hari libur lainnya.  

Wisata Air Terjun Tembulun Rusa terletak di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Indonesia.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, penamaan Tembulon Ruso atau Tembulun Rusa ini dikarenakan di area air terjun tersebut selalu menjadi tempat bermain bagi hewan rusa yang masyarakat setempat menyebutnya dengan nama RUSO. 

Di sisi alur air terjun ini terdapat bebatuan yang menyerupai tangga untuk naik ke atas.  Menurut masyarakat setempat aliran air terjun ini berasal dari Sungai Ngibul dan bermuara ke hilir, tepatnya di Sungai Reteh.

Bagi yang punya nyali dapat melompat dari ketinggian ke dalam kolam yang berair jernih dan bersih. Aliran Sungai Ngibul yang berasal dari Air Terjun Tembulun Rusa yang mengalir cukup deras, menantang para pencinta alam untuk melakukan olah raga arung jeram ke arah hilir sampai ke Muara Sungai Reteh.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) terus mempromosikan destinasi wisata ini. Bagaimana tidak, objek yang memiliki alam yang asri ini mampu memanjakan pengunjungnya. Mulai dari muda dan tua, laki-laki dan perempuan, hingga wisatawan berpetualang maupun hiburan.

Wisata Air Tembulun Rusa sebenarnya mempunyai 4 tingkat air terjun. Hanya saja karena pada waktu itu terdapat dinding tebing yang longsor, kemudian hanya menyisakan 3 tingkat saja.

Ketinggian air terjun ini mencapai 27 meter untuk tingkat pertama. Sementara untuk tingkat kedua memilki ketinggian 10 meter. Kemudian untuk ketinggian ketiga mencapai 17 meter. Jadi total seluruh ketinggian dari ketiga tingkat tersebut yaitu 54 meter.

Untuk menuju lokasi Air Terjun ini dari Desa Batu Ampar menulusuri jalan lintas timur menggunakan kendaraan roda empat dengan menelusuri jalan setapak dan menempuh hutan yang berbukit-bukit dengan jarak sejauh lebih kurang 2 Km kerah utara.

Sesampai di lokasi pengunjung dalam melihat indahnya Air Terjun Tembulun Rusa yang ketinggiannya mencapai 18 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat. 

Sementara pada bagian bawahnya terdapat sebuah kolam untuk menampung curahan air terjun dengan kedalaman mencapai 1,5 meter sehingga memungkinkan pengunjung untuk berenang atau bahkan menyelam sembari menikmati sensasi terpaan air dari ketinggian. (Advertorial)