DPD RI Dorong Penanganan Banjir di Serdang Bedagai

Kamis, 25 November 2021

INHILKLIK.COM, SERGAI - Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya menerima kunjungan Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti dan rombongan dibantaran sungai belutu atau sungai sei rampah, Kamis (25/11/2021).

Dalam kunjungannya, rombongan DPD RI yang langsung dipimpin Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, anggota DPD RI Dedi Iskandar Baubara, Muhammad Nuh, Pdt. Williem T. P. Simarmata, Ketua PMI Sumut Rahmad Shah dan 6 anggota DPD RI lainnya untuk melihat kondisi pengungsi dan penanganan banjir yang dilakukan pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya mengatakan hingga kini, terdapat 6 ribu Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 34 ribu jiwa di 5 Kecamatan yang terdampak banjir yakni di Kecamatan Sei Rampah, Tanjung Beringin, Dolok Masihul, Sipispis dan Tebing Tinggi.

"Ini hari ke 24 masyarakat di sejumlah Kecamatan tergenang banjir. Banjir ini diakibatkan oleh arus sungai yang tidak lancar karena terjadi penyempitan di hilir, sedimen tinggi, air laut juga pasang atau banjir rob dan intensitas hujan yang tinggi sehingga air meluap kepermukiman warga,"ungkapnya.

Banjir ini juga diakui Bupati menjadi banjir terparah setelah tahun 2001 silam.

"Ini kejadian tahun 2001, kejadian 20 tahun lalu kembali terulang. Untuk penanganan korban banjir, puluhan posko dan dapur umum untuk pengungsi sudah disiapkan. Namun yang dibutuhkan masyarakat adalah solusi, agar banjir ini tidak kembali terulang di tahun tahun mendatang,"jelasnya.

Untuk itu, Pemkab Serdang Bedagai bersama pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat akan melakukan normalisasi sungai belutu atau singai sei rampah disepanjang 33 kilometer dari hulu hibgga hilir.

"Sesuai dengan tinjauan kami bersama pak Gubernur, Kapolda Pangdam dan Balai Wilayah Sungai (BWS), ditemukan adanya hilir sungai yang menyempit dan sedimen tinggi sehingga dibutuhkan normalisasi dan penanganan serius,"ujarnya.

Iapun berharap agar DPD RI sebagai wakil rakyat di Pusat dapat menyuarakannya ke Pemerintah Pusat agar penanganan segera dilakukan dan Sergai tidak lagi benjir.

"Masyarakat sudah tidak lagi membutuhkan bantuan baik beras dan mie instan, masyarakat butuh solusi. Kami harap kehadiran bapak-baoak dewan sekalian mampu mendorong Pemerintah Pusat untuk segera melakukan penanganan banjir,"harap Bupati.

Menyahuti permintaan Bupati, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti pun mengaku akan membawa aspirasi masyarakat ke Pemerintah Pusat.

"Kami prihatin atas musibah yang menimpa masyarakat khususnya di Serdang Bedagai dan diharapkan banjir ini segera selesai. Kami akan bawa masukan ini ke pusat, akan kita suarakan penanganan banjir yang perlu dilakukan,"ungkapnya singkat.

Hal yang sama juga diungkapkan anggota DPD RI Dapil Sumut Dedy Iskandar Batubara. Ketua PW Alwashliyah Sumatera Utara ini pun berjanji akan mengupayakan semaksimal mungkin penanganan banjir segera dilakukan.

"Kunjungan ini dilakukan untuk melihat dan memastikan proses penanganan dampak bencana berjalan semestinya, baik itu Pemda dan Pemerintah Pusat bersama-sama menyelesaikan problem ini. DPD juga akan melakukan langkah dengan berkomunikasi dengan Kementrian terkait di Jakarta karna sudah banyak masukan yang diterima sehingga kejadian serupa tidak kembali terulang,"jelas Dedy.

Lebih lanjut Ketua PMI Sumut Rahmad Shah mengatakan pihaknya akan terus memberikan perhatian kepada Serdang Bedagai. Karena wilayah ini menjadi salah satu wilayah yang terparah tertimpa musibah banjir.

"Kami sudah siapkan Dokter dan tenaga medis lain. Kami harap masyarakat tabah. Dan kalo ada yang mau liburan ke kebun binatang baik di Sergai, Siantar dan di Medan bisa hububgi kami dan semua itu gratis. Yang penting kita semua sehat, tabah, kuat dan semangat menjaga anak,"pungkasnya.