Erick Thohir: Indonesia Masih Diakui Dunia jadi Negara Terbaik Rawat Hutan

Ahad, 28 November 2021

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meminta masyarakat untuk kembali menanam pohon dan merawat keberlangsungan hidup. Alasannya, selama ini kekayaan alam sudah terlalu lama dieksploitasi.

"Sudah terlalu lama kita eksploitasi alam kita," kata Erick dalam acara Penanaman Pohon BUMN Serentak sekaligus memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia di Jakarta, Minggu (28/11).

Meski begitu kata Erick, dunia masih mengakui Indonesia sebagai negara terbaik yang merawat hutannya. "Kita masih diakui di dunia sebagai negara yang merawat hutannya dengan baik," sambung Erick.

Selama ini, banyak negara yang selalu mengampanyekan masalah-masalah lingkungan hidup. Hal berbeda dilakukan Indonesia, yakni dengan cara langsung mengeksekusi kerusakan lingkungan yang terjadi tanpa perlu banyak bicara.

"Kalau negara lain banyak bicara soal lingkungan hidup, kita ini banyak bekerja. Apalagi sekarang Pak Jokowi ini turun langsung," tutur Erick.

Saat ini, Kementerian BUMN akan menanam 110 ribu pohon. Dalam pelaksanaannya, Erick akan melakukan evaluasi program setiap 3 bulan sekali. Dia ingin memastikan, program tersebut berjalan dan pohon yang ditanam dirawat untuk bisa tumbuh.

"Tiap 3 bulan ini kita cek, bener tidak ditanam, karena ini bukan wacana tapi ini gerakan nyata," kata dia.

Erick berharap program ini tetap terlaksana secara berkelanjutan. Sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik, tidak untuk generasi saat ini tetapi untuk generasi yang akan datang.