Gratis, BKNDI Inhil Siap Fasilitasi Desa-Desa Ikut Workshop Yang di Taja Kemendagri

Jumat, 03 Desember 2021

Ketua BKNDI Inhil Moh. Arsyad, SH, MH.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Badan Komunikasi Desa se Indonesia (BKNDI) Kabupaten Inhil siap memfasilitasi desa-desa di negeri seribu parit yang ingin ikut serta dalam workshop tajaan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI di Surabaya tanggal 6 sampai 9 Desember 2021 mendatang.
 
Ketua BKNDI Inhil Moh. Arsyad, SH, MH menyatakan, workshop tersebut membahas penguatan dukungan Pemerintah Desa dalam pengembangan air minum dan sanitasi. Berkenaan hal tersebut, menurut Arsyad BKNDI siap memfasilitasi desa yang ingin ikut serta pada acara tersebut. 

"BKNDI siap memfasilitasi. Workshop ini bagi BKNDI penting untuk mengetahui peran strategis desa dalam pengembangan air minum dan sanitasi di pedesaan," ujar Arsyad Jumat (3/11/2021).

Dijelaskan Arsyad tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada Kepala Desa terkait pengaturan tentang desa yang meliputi kewenangan desa, pedoman pembangunan desa, pengelolaan keuangan desa, asset Pemerintah Desa, pemberdayaan terhadap Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), peran BPD pada musyawarah Desa, dan musyawarah antar Desa serta upaya pengarusutamakan program air minum dan sanitasi ke dalam perencanaan dan penganggaran Pemerintah Desa.

"Hal lain dari tujuan kegiatan tersebut, mengidentifikasi kendala dan hambatan belum terlaksananya pencairan APBDesa untuk sharing 10 persen PKM dan merumuskan strategi pemecahannya," jelasnya.

Arsyad menghimbau bagi desa yang ingin ikut workshop tersebut dapat langsung menghubungi dirinya sebagai ketua BKNDI Inhil.

 "Kita juga mengingatkan, jumlah peserta terbatas. Bagi yang ingin memanfaatkan momentum ini langsung saja koordinasi dengan BKNDI dan kita sangat membuka diri," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPN BKNDI Viviana Hanifa menuturkan BKNDI telah memperjuangkan kesempatan bagi kepala desa atau sekretaris desa di kabupaten Inhil khususnya dan Riau pada umumnya untuk bisa ikut workshop tersebut dengan gratis.
 
"Untuk mengikuti workshop ini transportasi, akomodasi dan konsumsi akan ditanggung oleh Panitia dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri,"pungkasnya.

Ia berharap, desa Silahkan di Inhil bisa berkoordinasi melalui BKNDI untuk bisa mengambil kesempatan yang baik tersebut bagi kemajuan desa.

"Manfaatkan kesempatan baik ini. Kita ingin peran pemerintah desa dapat betul-betul dirasakan dan program bermanfaat bagi masyarakat,"tutup Vivi anak watan Sungai Pakning yang saat ini dipercaya menjadi Tenaga Ahli Dirjen Bina Pemdes Kemendagri. (*)