LAD Batu Ampar Kemuning Akan menjadi yang Pertama Dilantik di Provinsi Riau

Jumat, 22 April 2022

Kunjungan dinas PMD Inhil dan Dukcapil Riau ke Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning.

INHILKLIK.COM, TEMBILPAHAN - Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas PMD mendukung  dibentuknya Lembaga Adat Desa (LAD) di Desa Batu Ampar Kecanatan Kemuning.

Pelantikan pengurus LAD direncanakan pada tanggal 12 Mei 2022 mendatang dengan mengundang Gubernur Riau Syamsuar.

Lembaga Adat Desa merupakan amanat Permendagri no 18 thn 2018 guna melesatarikan adat istiadat di desa

Untuk mensukseskan agenda tersebut dilaksankan Rapat persiapan di Aula kantor Desa Batu Ampar yg di hadiri oleh Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Inhil, Hj. Marini, SE, M.Si.

Selain itu juga hadir Dukcapil Provinsi Riau beserta jajaran, Kades Batu Ampar dan tokoh msyrakat serta tokoh adat stempat
 
Perwakilan Dukcapil Riau T. Fardhian khalil mengatakan ini akan menjadi prestasi bagi Pemerintah Kabupaten Inhil umumnya dan Pemerintah Desa Batu Ampar khususnya, sebab LAD yg akan dilantik merupakan LAD pertama di Provinsi Riau.

Sementara itu Kabid KPM PMD Inhil Hj. Marini mengatakan pihaknya akan semaksimal mungkin mempersiapkan kegiatan tersebut

"Karna merupakan agenda besar yg insya Allah akan dihadiri oleh gubri. Dan LAD akan menjadi wadah untuk mengembangkan adat istiadat setempat. Selain pelantikan LAD juga akan dilaksanakan pelantikan Karang Taruna desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning," ujar Rini.