Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, 98% ASN Pemkab Sergai Hadir

Senin, 09 Mei 2022

INHILKLIK.COM, SERGAI - Hari pertama kerja pasca libur Idulfitri 1443 H / 2022 M dibuka oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, dengan menggelar sidak kedisiplinan sekaligus mengecek kesiapan layanan publik di sejumlah kantor pada lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sergai, di Sei Rampah dan Perbaungan, Senin (9/5/2022).

Di kesempatan ini Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, mengikuti apel pagi yang dilakukan oleh beberapa OPD, seperti Dinas Kominfo, Sekretariat, BKD, BPKA, BAPPENDA, dan sejumlah kantor pemerintahan lainnya.

Bupati Sergai menyampaikan agar segenap personil baik ASN maupun Tenaga Kontrak bisa bekerja dengan semangat baru. Ia juga mengucapkan terima kasih bagi pegawai yang telah berlaku disiplin pada hari pertama kerja pasca Libur Lebaran.

“Kedisiplinan adalah hal penting dalam dunia profesi. Kalaupun kita cerdas, pintar, tapi jika tidak dibarengi dengan disiplin, maka semua keunggulan tersebut akan jadi sia-sia,” ucapnya.

Ia juga meminta kepada seluruh ASN dan Tenaga Kontrak untuk terus meningkatkan komitmen pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama layanan kependudukan, administrasi dan sebagainya. 

Bupati yang akrab disapa Bang Wiwiek ini pun mengatakan jika seluruh kantor pelayanan publik sudah beroperasi mulai hari ini.

“ Jadi bagi masyarakat Sergai yang ingin menggunakan pelayanan publik, bisa datang karena dipastikan seluruh lini pelayanan publik di Pemkab Sergai sudah beraktivitas seperti biasa,” sebutnya.

Tak lupa Bupati Sergai menyampaikan selamat Hari Lebaran kepada seluruh ASN dan Tenaga Kontrak di Pemkab Sergai. 

“ Selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin. Salam kepada keluarga,” ucapnya.

Di tempat berbeda, Wakil Bupati Sergai, H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP memantau kesiapan personil Pemkab Sergai di beberapa lokasi di antaranya Kantor Camat Perbaungan, Puskesmas Perbaungan, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman.

Adlin Tambunan menyampaikan rasa syukur karena pelayanan publik sudah berjalan normal. Bahkan mayoritas kehadiran di lokasi pelayanan publik tersebut di atas 95% dan ada pula yang seluruhnya hadir. 

“ Saya mengingatkan kepada petugas pelayanan maupun masyarakat yang datang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Meskipun pandemi di Sergai sudah cenderung terkendali, namun protokol kesehatan harus diterapkan selalu demi kenyamanan dan keamanan kita masing-masing,” tandasnya.

Terkait persentase kehadiran pegawai, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sergai Dingin Saragih, S.IP, MM, menginformasikan jika tingkat kehadiran ASN di Sergai mencapai 98%.

“ Berdasarkan data yang masuk, dari total 5.237 ASN di Pemkab Sergai, ada 2 persen yang tidak hadir pada hari pertama kerja. Rinciannya, 21 orang dengan keterangan sakit, 18 orang izin, 12 orang cuti, tugas luar 96 orang, tugas belajar 13 orang dan sebanyak 53 orang yang tidak hadir tanpa keterangan. Bagi ASN yang tidak hadir tanpa keterangan akan diberikan sanksi baik administrasi atau sanksi tegas lainnya sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya.