Masih Aman dari PMK, Sekdis Ketapang Sergai: "Masyarakat Jangan Panik"

Kamis, 19 Mei 2022

INHILKLIK.COM, SERGAI - Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dinyatakan masih aman dari Penyakit Mulut dan Kaki (PMK).

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Sergai, Mira Montana, S.Sos, kepada media ini Kamis (19/5) pagi.

"Untuk itu masyarakat diminta jangan panik dan khawatir, bahwa PMK menyerang hewan sapi itu bisa diobati,"katanya lagi.

Dijelaskannya, pengupayaan dan usaha kita bersama yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dalam Bidang Peternakan turut andil dalam pengambilan sampel suspeck PMK oleh Balai Veteriner Medan di Desa Limbong Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai.

"Kita juga sudah lakukan edukasi kepada peternak terkait penyakit LSD dan PMK di Kabupaten Serdang Bedagai,"sambung Mira.

Lanjutnya, saat ini juga kita memperketat pengawasan terhadap lalu lintas ternak yang memasuki Kabupaten Serdang Bedagai, Dinas Ketahanan Pangan memantau langsung dilapangan.

"Tanpa sengaja salah satu Kendaraan berjenis Pick Up(L300) melintas dan membawa ternak Sapi, Kamipun langsung bergegas menghentikan/pencegatan terhadap kendaraan tersebut,"katanya.

Mira menambahkan, menanyakan apakah ternak tersebut terindikasi PMK atau LSD. Ternyata ternak tersebut terindikasi LSD perjalanan mulai dari Pabatu ke daerah Simalungun (Kecamatan Silau Kahean).

"Dimohon kepada Para Pedagang Ternak Sapi/Lembu harus lebih teliti lagi. Agar tidak membawa ternak yang terindikasi penyakit PMK atau LSD ke Kabupaten Serdang Bedagai,"pungkasnya.