Atasi Banjir Lewat Normalisasi Sungai Belutu, Masyarakat Ucapkan Terimakasih

Jumat, 01 Juli 2022

INHILKLIK.COM, SERGAI -  Setibanya dari menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Pusat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PP-PGSI) di Jakarta, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya langsung menuju bantaran Sungai Bedagai untuk melakukan peninjauan sekaligus beebincang-bincang dengan masyarakat Dusun I Desa Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah, Kamis (30/6/2022).

            Sungai Belutu ini masih dalam proses normalisasi. Akan tetapi sering mendapat kunjungan dari Bupati dan Wakil Bupati Sergai sehingga menuai tanggapan postif dari masyarakat sekitar.

            Saat berbincang dengan warga, Bupati Darma Wijaya menyampaikan jika Pemkab Sergai terus berupaya untuk menuntaskan masalah banjir. Normalisasi ini sebagai salah satu solusi untuk mengatasi banjir yang merupakan masalah tahunan yang dihadapi masyarakat sekitar. Normalisasi ini dilaksanakan dengan mekanisme gotong royong antara Pemkab Sergai dan berbagai perusahaan yang ada di Sergai lewat dana Corporate Social Responsibility (CSR),” terang Bang Wiwiek sapaan akrabnya.

            Tak hanya itu, katanya lagi, masyarakat sekitar juga ikut berperan aktif dengan ikut bersama-sama membantu berjalannnya proses normalisasi, kata Bupati.

            Usman (64), seorang warga Dusun I Desa Sei Rejo dikejutkan dengan kehadiran Bupati Sergai. Hal ini karena sudah belasan tahun usia Sergai dan baru Bupati Darma Wijaya yang menginjakan kaki di Dusun I ini.

            “ Kami sangat bersyukur, sejak mulai dinormalisasi kondisinya semakin membaik. Sebelumnya, setiap air laut pasang dan hujan satu hari saja sudah banjir. Namun kini Alhamdulillah, sejak dinormalisasi kami tidak terlalu khawatir lagi," ungkapnya.

            Ia juga mengungkapkan rasa terimakasih kepada Bupati dan Wabup Sergai yang telah  peduli dengan kondisi masyarakat desa ini.
 
Bantaran Sungai Belutu Bisa Disulap Objek Wisata
 
            Saat ini Bantaran Sungai Bedagai yang masih dalam proses pengerjaan, ternyata menyimpan potensi dan sejuta harapan warga sekitar. Salah satu potensi yang menonjol adalah menjadi tempat wisata, demikian dikatakan Budi (53) warga Dusun I Desa Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah, usai kunjungan Bupati Sergai H Darma Wijaya di bantaran Sungai Belutu.

            “ Bantaran Sungai ini bisa dijadikan sebagai objek wisata. Nah, ini tentunya akan memberikan peluang bagi masyarakat sekitar untuk bekerja dan meningkatkan perekonomian di pasca pandemi Covid-19,” katanya.

            Lelaki yang berprofesi sebagai petani ini menyebut bahwa warga sekitar menyimpan sejuta harapan dari hasil normalisasi Sungai Belutu, salah satunya adalah terbebas dari masalah banjir.
            " Saya dan keluarga sudah dapat tidur nyenyak, lantaran sungai ini sudah dilakukan normalisasi, sebab selama ini jika masuk musim penghujan kami selalu khawatir akan banjir. Selain itu, warga sekitar juga siap menjaga kebersihan dan merawat lingkungan,” katanya sembari mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wabup atas perhatiannya kepada masyarakat Sergai khususnya di desa ini dalam pengentasan masalah banjir yang menahun.