Riau Layak Gelar Pelatnas Asian Games 2018

Sabtu, 03 Januari 2015

post

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang/Foto: Indopos.co.id
INHILKLIK.COM, JAKARTA - Provinsi Riau dinilai layak menggelar pelatnas Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Dasarnya, venue eks PON ke-18 lalu, sebagian besar sudah memenuhi akreditasi internasional.

“Venue Eks PON XVIII Riau sebagian besar sudah memenuhi akreditasi internasional. Melalui pertimbangan itu, selayaknya Riau mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Pelatnas Asian Games XVIII tahun 2018,”ujar  Edi Satria, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau, saat bertemu tim monitoring Satlak Prima, baru-baru ini.

Edi Satria mengungkapkan, ada beberapa venue Eks PON XVIII yang belum mendapat perawatan secara rutin seperti Lapangan Menembak, Rumbai dan Stadion Utama, Panahan. Namun bila Riau diberi kepercayaan menjadi tuan rumah Pelatnas Asian Games XVIII tahun 2018, kedua venue itu bisa direnovasi secara cepat. Dan estimasi waktu pengerjaannya diprediksi selesai selama satu bulan.

Saat menggelar PON XVIII di Riau tahun 2012, sebagian besar venue diyakini layak digunakan sebagai tempat Pelatnas. Kondisinya jauh lebih bagus dibanding di Jakarta dan sudah dinyatakan berstandar internasional.  Seperti kolam renang, gedung wushu, senam, basket, atletik, anggar, softball, Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Gedung Gulat Univ Islam Riau  dinilai layak untuk menggelar laga internasional. Selain itu, venue-venue tadi juga bisa digunakan tempat latihan atlet. Bahkan lapangan sepatu roda dan BMX di Siak juga memenuhi standar internasional.

Kepala Bidang Pembibitan dan Pembinaan Prestasi Olahraga Dispora Riau, Sanusi Anwar menambahkan, sudah selayaknya daerah yang memiliki venue yang berstandar internasional seperti Riau diberikan kesempatan menjadi tuan rumah Pelatnas Asian Games XVIII. 

“Kami berharap, adanya atlet Pelatnas di Riau dapat memancing para pemuda menekuni olahraga yang disenanginya. Begitu juga dengan atlet muda di daerah setempat dapat terpacu mengikuti jejak seniornya yang dipersiapkan ke Asian Games,” jelasnya. (*)


Source: Indopos.co.id