Bupati Inhil Buka Pelaksanaan Penguatan Moderasi Beragama bagi Penyuluh Agama Islam

Ahad, 28 Agustus 2022

Bupati Wardan saat menyampaikan sambutannya

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan membuka secara langsung pelaksanaan penguatan moderasi beragama bagi Penyuluh Agama Islam, Minggu 28 Agustus 2022.

Kegiatan yang digelar di aula Hotel Top 5 Tembilahan oleh pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Inhil ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi para penyuluh guna direalisasikan ke masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan yang diikuti sebanyak 162 peserta tersebut, Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Inhil H Harun, dengan menghadirkan narasumber dan fasilitator diantaranya, Dr H Zulfadli dan H Asril dari Kemenag Provinsi Riau.

Bupati Wardan dalam sambutannya menyampaikan bahwa moderasi beragama merupakan hal dasar namun paling penting untuk menciptakan cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mewujudkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bernegara.

"Moderasi beragama adalah salah satu modal yang harus dimiliki oleh setiap individu dalam menjalankan peran sosial ditengah masyarakat yang multikultural. Maka dari itu, kegiatan ini sangat penting," ujar Bupati Wardan.

Selanjutnya, orang nomor satu di Negeri Seribu Parit ini berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti pelaksanaan kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh agar dapat aplikasikan ke masyarakat demi menciptakan keharmonisan antar umat beragama.

"Ikuti pelatihan ini dengan seksama, karena ini sangatlah penting. Selain untuk melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umat berlandaskan prinsip adil untuk semua, juga berimbang serta menaati konstitusi sebagai kesepakatan bernegara. Itulah menjadi tujuan penting dari penguatan moderasi beragama," kata Bupati Wardan.