Andi Darma Taufik, Calon PAW Anggota DPRD Riau Almarhum James Pasaribu

Kamis, 15 September 2022

Andi Darma Taufik.

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Riau Almarhum James Pasaribu sudah dibicarakan di internal Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Namun, prosesnya menunggu 40 hari kepergian kader senior PDI Perjuangan dari daerah pemilihan Indragiri Hilir tersebut.

"Nama lengkapnya saya kurang paham. Tapi panggilannya Andi. Dia perolehan suara kedua, setelah pak James," kata Anggota Fraksi PDI Perjuangan Sugeng Pranoto, Rabu (14/9/2022) seperti dilansir dari Cakaplah.com.

Kata dia, komunikasi antar internal PDI Perjuangan sudah ada. Cuma, secara formalnya menunggu 40 hari kepergian James Pasaribu. Ia juga menyampaikan rasa duka mendalam atas berpulangnya kader terbaik PDI Perjuangan itu.

Proses PAW Almarhum James Pasaribu nantinya melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Gubernur, Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Ia menjelaskan, harus ada rekom dari KPU, KPU masuk ke DPRD, terus semua itu dikawal oleh partai.

"Terus juga ada rekomendasi dari partai, memang itu (Andi) yang menjadi PAW. KPU nanti menyurati ke partai. Bahwa nomor urut yang berhak itu, Andi. Kalau partai tidak menyetujui, KPU akan mengubah. Tapi Insya Allah partai menyetujui," kata dia.

"Tembusannya nanti ke partai, terus ke DPRD, DPRD nanti ke gubernur, gubernur ke Mendagri. Dari Mendagri keluarlah rekomendasi untuk jadwal pelantikan di DPRD sini," tambah dia.

Anggota DPRD Riau James Pasaribu dari Fraksi PDI Perjuangan, daerah pemilihan Indragiri Hilir itu meninggal pada, Sabtu 3 September 2022, sekitar pukul 15.30 WIB di Pekanbaru. Jenazah James dikebumikan di Tembilahan.