Buka Muskab PMI, Bupati Inhil Harap Gerakan Donor Darah Jadi Budaya di Masyarakat

Kamis, 15 September 2022

Bupati Inhil saat menyampaikan sambutannya

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan berharap Gerakan Donor Darah menjadi suatu budaya di masyarakat, dalam upaya memenuhi kebutuhan dan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Inhil setiap bulannya.

Harapan tersebut disampaikan orang nomor satu di Negeri Seribu Parit ini saat membuka pelaksanaan Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Inhil, di aula Hotel Arista Tembilahan, Kamis 15 September 2022.

Dikatakan Bupati Wardan, PMI memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka membantu korban bencana serta pemenuhan kebutuhan darah terutama di Kabupaten Inhil.

"Pemerintah akan selalu berkordinasi dan mendukung serta bersinergi dengan PMI dalam membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Inhil," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Inhil Hj Zulaikhah dalam sambutannya menyampaikan berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukan PMI Inhil selama 5 tahun serta berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam operasionalnya.

"Selain rutin melaksanakan penggalangan donor darah, PMI Inhil juga telah membentuk dan mengukuhkan pengurus PMI di 20 kecamatan serta melakukan pembinaan juga pelatihan kepada kadernya," katanya.

Selain itu, PMI Inhil juga aktif bersama Pemda dalam membantu korban bencana serta memberikan santunan kepada masyarakat yang tidak mampu dan akan terus fokus diberbagai kegiatan sosial lainnya.

Terakhir, Zulaikhah juga meminta partisipasi dan peran aktif PMI Kecamatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan darah yang saat ini masih kekurangan.

Untuk diketahui, Muskab PMI Inhil yang diawali dengan penyerahan piagam penghargaan kepada relawan donor darah dan instansi yang aktif dalam melakukan penggalangan donor darah serta pemberian bingkisan kepada pengurus dan relawan yang pernah berjasa pada PMI Inhil ini merupakan mekanisme organisasi yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, yang bertujuan untuk menyusun program dan kepengurusan PMI untuk 5 tahun ke depan.

Tampak hadir pada Muskab PMI Inhil yang bertemakan "Terus Tebar Kebaikan" tersebut, unsur Forkopimda, Sekda dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhil, Ketua dan pengurus PMI Riau, pengurus PMI Kabupaten dan Kecamatan serta relawan dan undangan lainnya.