Bupati Inhil Pimpin Rapat Laporan Fisik dan Keuangan Triwulan Ketiga

Kamis, 15 September 2022

Bupati Inhil saat memimpin rapat evaluasi

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs HM Wardan MP memimpin secara langsung rapat evaluasi laporan fisik dan keuangan APBD, Bankeu Provinsi, Dak Fisik, Dak Non Fisik dan tugas percepatan penyelanggaraan serta realisasi progres percepatan penyelanggaraan E katalog lokal dan pemanfaatan toko daring serta progres inovasi OPD, bertempat di aula rapat lantai 5 kantor Bupati, Rabu 14 September 2022.

Rapat evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana realisasi kegiatan dan apa saja yang menjadi hambatan serta kendala dalam pelaksanaan kegiatan pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama dalam percepatan pelaksanaan dana DAK dan APBD, sehingga hambatan-hambatan tersebut bisa diantisipasi dengan segera.

Bupati Wardan dalam sambutannya menginstruksikan kepada seluruh OPD dan kecamatan yang menyerap dana bantuan, baik berupa DAK fisik dan Non Fisik serta Bankeu Provinsi agar menggesa pengerjaan, sehingga bisa selesai tepat waktu.

Sementara itu, dari laporan yang disampaikan masing-masing OPD, ada beberapa dinas yang angka capaiannya masih rendah. Karenanya, Bupati Wardan menekan kepada seluruh pihak agar memperhatikan persoalan tersebut dengan sebaik mungkin.

"Saya minta ini menjadi pusat perhatian terutama yang capaiannya masih di bawah angka 50 persen, ini sudah triwulan ketiga, apa kendalanya, ayo temukan segera kita selesaikan bersama agar ini siap tepat waktu," ujarnya.

Kemudian, Bupati Wardan juga menekankan khusus untuk dana alokasi khusus dan dana yang sifatnya bantuan dan lainnya agar tetap memperhatikan aturan pelaksanaan yang dikeluarkan oleh Kementerian terkait pada masing-masing bidang DAK, termasuk aturan perencanaan dan pelaporan untuk penyaluran anggaran dari Kementerian Keuangan.

"Hal ini sangat penting untuk menghindari sanksi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat yang disebabkan karena tidak tertib dalam pelaporan penggunaan dana Dak dan bantuan lainnya," terangnya.

Pada kesempatan itu, juga diumumkan bahwa Kabupaten Inhil meraih peringkat tertinggi dalam realisasi pendapatan dengan angka 53,53 persen dan posisi ketiga dalam serapan belanja dengan angka 42,73 persen.

"Semoga ini dapat kita pertahankan dan terus berlanjut, dan juga pengerjaan pembangunan dapat berjalan dengan lancar serta tepat waktu. Ayo semangat, yakinkan bahwa kita bisa selesaikan tugas dalam membangun Inhil lebih baik lagi kedepannya," kata Bupati Wardan.