Tingkatkan Minat Baca, Keberadaan Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Jadi Wadah Berkreatifitas Pegiat Literasi di Inhil

Senin, 29 Agustus 2022

Staf Ahli Menteri Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Bappenas RI Erwin Dimas saat menyampaikan paparannya

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Keberadaan Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah diharapkan bisa menjadi wadah bagi para pegiat literasi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terutama dalam menunjang dan mendukung berbagai aktifitasnya sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan Staf Ahli Menteri Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia (RI) Erwin Dimas saat kunjungannya ke Kabupaten Inhil, dalam rangka Talkshow Literasi yang dipusatkan di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Inhil, Jalan Pendidikan Tembilahan, Minggu 28 Agustus 2022.

Dikatakannya, para pegiat literasi harus diberikan ruang dan tempat untuk berkreatifitas, karena merekalah yang nantinya akan mengisi gedung ini dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan literasi.

"Jadi, saya ingin ada lantai (tempat atau ruang, red) di gedung ini bagi para pegiat literasi, seperti di Hari Sabtu dan Minggu, sehingga gedung ini bisa terus dimanfaatkan keberadaanya oleh masyarakat," ujar Erwin Dimas.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) H Tengku Eddy Efrizal menjelaskan, Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah ini merupakan gedung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termegah di Kabupaten Inhil, karenanya akan dimanfaatkan dengan baik dan maksimal untuk kemajuan daerah dan masyarakat.

"Peresmian gedung ini rencananya akan dibuat sejumlah kegiatan, tidak hanya acara seremonial saja, tapi juga ada bedah buku dan kegiatan lainnya. Karena itu, kami berharap Kepala Bappenas bisa hadir nantinya. Dan untuk merealisasikan rencana ini butuh dukungan dari seluruh pihak," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) M Irwan mengungkapkan, keberadaan gedung perpustakaan tersebut merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Inhil.

"Kami akan membawa anak-anak kami mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga siswa sekolah untuk datang berjunjung kesini dan memberikan pengetahuan baru tentang perpustakaan," imbuhnya.

Turut hadir saat itu, pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Dewan Pendidikan Inhil, Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah, Forum Taman Baca Masyarakat, pengurus Perpustakaan Tengku Sulung dan Pegiat Literasi di Kabupaten Inhil.