Dari Penggiat Sosial hingga Mantan Kepala Dinas Berkompetisi Jadi Ketua IDI Inhil

Rabu, 28 September 2022

Kolase Calon Ketua IDI Cabang Inhil Periode 2022-2025, dari kiri: dr. Rano, dr. Afrizal dan dr. Diana.

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Tiga nama dipastikan akan berkomptensi di Musawarah Cabang (Muscab) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Indragiri Hilir yang akan digelar pada 1 Oktober 2022.

Sesuai proses tahapan, ketiga nama calon Ketua IDI Inhil periode 2022-2025 tersebut sudah mendapat nomor urut, yaitu dr. Rano Kirman nomor urut satu, dr. H. Afrizal Darmawan, MM nomor urut dua, dan dr. Diana Masjkur, Sp.An, M.Kes nomor urut tiga.

dr. Rano kirman merupakan sosok tokoh muda yang sudah tidak asing lagi dimata masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir.

Selain membuka praktek mandiri, Rano Kirman juga dikenal sangat aktif di bidang sosial kemanusiaan membantu masyarakat tidak mampu melalui lembaga yang dibentuknya dr. Rano Kirman Center.

Berkat kiprahnya di masyarakat, alumni kedokteran Universitas Baituraahman Padang itu kerap menyabet pengahargaan karena dedikasinya yang tinggi dalam membatu warga yang tidak mampu.

Kemudian ada dr. Afrizal Darmawan. Alumni kedotekteran Universitas Andalas, Sumatera Barat tersebut namanya cukup familiar bagi masyarakat negeri seribu parit, terutama dikalangan para tenaga medis dan kesehatan.

Beberapa jabatan startegis di Kabupaten Inhil pernah diembannya. Afrizal pernah menjabat sebagai Kepala RSUD Raja Musa Sungai Guntung Hingga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil.

Calon nomor urut tiga dr. Diana menjadi satu-satunya calon perempuan yang maju sebagai kandidat Ketua IDI Inhil periode 2022-2025. Diana merupakan alumni Kedokteran Universitas Yasri Jakarta. Saat ini Diana bekerja di RSUD Puri Husada Tembilahan sebagai spesialis anastesi.

Salah satu anggota IDI Inhil, dr. M. Ikhsan berharap kedepannya IDI Inhil dipimpin oleh sosok muda yang energik dan mampu membangun kolaborasi dengan berbagai pihak sehingga keberadaan IDI lebih dirasakan baik bagi anggota, Pemerintah Daerah dan juga masyarakat.
dr. M. Ikhsan
"Harapannya agar yang muda juga dapat diberikan kesempatan dan kepercayaan memimpin organisasi IDI Inhil karena yang muda memiliki energi yang banyak dan dapat berkolaborasi dengan banyak pihak. Menurut saya kreteria itu ada pada sosok dr. Rano Kirman juga memiliki jiwa sosial tinggi, ramah, dan aktif," ujar Ikhsan.

Sementara itu dokter senior yang juga Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, dr. Saud Pakpahan berharap siapapun yang terpilih sebagai ketua IDI Inhil kedepan lebih meningkatkan lagi kekompakan sesama anggota.
dr. Saud Pakpahan
"Tingkatkan kekompakan, tingkatkan lagi peran IDI ditengah Pemerintahan dan masyarakat terutama fungsi sosialnya. IDI ini kan organisasi profesi, jadi ditingkatkan lagi fungsi profesi dan peran sosialnya," kata dr. Saud yang juga Dewan Pertimbangan IDI Cabang Inhil.