Masjid Didorong Jadi Pusat Kegiatan Umat, Momen Pelantikan PC DMI se Kabupaten Inhil

Sabtu, 08 Oktober 2022

Pengurus PD DMI Inhil bersama Forkopimda dan perwakilan PC DMI se Kabupaten Inhil

INHILKLIK.COM - Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar pelantikan Pimpinan Cabang (PC) DMI dan sosialisasi manajemen masjid se Kabupaten Inhil.

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al Hasanah Jalan Sungai Beringin Tembilahan tersebut terselenggara atas Kolaborasi antara DMI Inhil bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Tembilahan, Sabtu 8 Oktober 2022.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua DMI Inhil bersama jajaran pengurus, Bupati Inhil diwakili Asisten I Setdakab Inhil, Ketua BKPRMI Inhil dan pengurus, perwakilan Kapolres Inhil, perwakilan Dandim 0314 Inhil, Perwakilan Pengurus NU Inhil, perwakilan Baznas Inhil, Pimpinan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Tembilahan serta peserta pelantikan dari PC DMI se Kabupaten Inhil dan undangan dari 40 Masjid di Kabupaten Inhil.

Panitia Penyelenggara sekaligus Ketua Masjid Al Hasanah Sungai Beringin, Achmad Mulyadi S.KM M.SI dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dirinya yang juga selaku ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Inhil memastikan jika DMI dan BKPRMI merupakan organisasi yang satu napas sehingga kepada para pengurus Pimpinan Cabang DMI Kecamatan yang dilantik pekerjaan selanjutnya adalah mencari kader pemuda dan remaja untuk dijadikan pengurus BKPRMI tingkat kecamatan.

"Jadi yang menggerakkan masjid itu DMI dan yang menggerakkan operasionalnya adalah remaja dan pemuda. makanya PR kita itu bagaimana mendatangkan pemuda dan remaja ke masjid," ungkap Achmad Mulyadi.

Dikatakannya, saat ini pihaknya sedang meramu Masjid Al Hasanah Sungai Beringin ini menjadi percontohan masjid yang nyaman untuk seluruh jamaah yang datang serta membuat taman wisata religi disamping masjid sehingga jika ada lomba pemuda dan remaja untuk kegiatan Habsyi atau pidato sampai lomba olahraga bisa menggunakan fasilitas yang disediakan masjid.

"Jadi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah tapi juga berbagai aktivitas masyarakat, mulai dari seni, olahraga dan ekonomi," katanya.

Sementara itu Ketua DMI Kabupaten Inhil, Ustad H Syaiful Anwar M.Pd menjelaskan terkait peran DMI dalam mengembangkan dan memakmurkan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat serta umat.

"Masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat," jelasnya.

Menurut Ustad Syaiful Anwar bahwa program-program DMI diantaranya adalah meramaikan masjid dengan salat berjamaah serta mengkampanyekan Masjid bersih dan sehat.

"Masjid juga harus dijadikan sebagai tempat pemberdayaan ekonomi umat, pendidikan dan dakwah serta wisata religi berbasis Masjid, program kita juga untuk perbaikan sound system di masjid," paparnya.

Asisten I Setdakab Inhil memasangkan Pin DMI secara simbolis

Bupati Inhil HM Wardan yang diwakili Asisten 1 Setdakab Inhil, H Tantawi Jauhari menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus dan personalia PC DMI yang baru dilantik.

"Selamat untuk pengurus yang saat ini dilantik, Bupati Inhil memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PC DMI se Kabupaten Inhil," ucap Tantawi Jauhari membacakan sambutan Bupati Inhil.

Selain itu, Bupati Inhil juga menyampaikan kepada pengurus agar bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam mengawal program keumatan.

"Semoga melalui pelantikan ini perkembangan dakwah dan syiar Islam di Kabupaten Indragiri Hilir akan semakin meningkat sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam, masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah salat tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam," pungkasnya.