Terletak di Jalan Pendidikan Tembilahan, Kantor DPAD Gedung OPD Termegah di Inhil

Senin, 24 Oktober 2022

Kantor DPAD Inhil yang juga Gedung Perpustakaan Daerah tampak dari luar

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Saat ini, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) telah memiliki satu gedung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termegah di wilayah tersebut.

Pembangunan gedung yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini telah rampung dikerjakan pada tahun 2021 lalu.

Terletak di Jalan Pendidikan Tembilahan, gedung yang rencananya akan diresmikan dalam waktu dekat ini diperuntukan bagi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Inhil.

Selain dipergunakan untuk aktifitas perkantoran dan perpustakaan, bangun kokoh dan tinggi menjulang hingga 5 lantai tersebut juga akan dibuka secara umum, sehingga bisa diakses dengan mudah dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Menurut penuturan Kepala DPAD Inhil Ir H Tengku Eddy Efrizal MP, gedung yang ditempatinya bersama jajaran DPAD Inhil ini telah dibagi-bagi peruntukannya perlantai, mulai dari lantai dasar hingga lantai 5.

Adapun daftar peruntukan perlantai gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Inhil tersebut, yakni :

Lantai Dasar
Difungsikan untuk Perpustakaan Anak, terdiri dari Area Lobi, Pustaka Anak, Mushalla dan Area Cafe Outdoor.

Lantai 1
Difungsikan untuk Kantor dan Pengelola, terdiri dari Area Lounge dan Area Kantor.

Lantai 2
Difungsikan untuk Perpustakaan Umum, terdiri dari Rak Buku dan Koleksi, Ruang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), Area Meja Baca.

Lantai 3
Difungsikan untuk Area Ruang Organisasi, terdiri dari Ruang IGI (Ikatan Guru Indonesia), Ruang PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), Ruang Dewan Guru, Ruang ATPUSI (Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia) dan Ruang TBM (Taman Baca Masyarakat).

Lantai 4
Difungsikan untuk Museum Kelapa, Dekranasda dan Area Kuliner, terdiri dari Area Museum Kelapa, Area Dekranasda dan Area Kuliner.

Lantai 5
Difungsikan untuk Ruang Pertemuan, terdiri dari Ruang Pertemuan dan Ruang Home Theater.