Dapat Bantuan Peralatan TIK dari Kemendikbud, SMP Muhammadiyah Tembilahan Siap Bersaing

Selasa, 29 November 2022

Proses pemasangan peralatan TIK

INHILKLIK.COM - SMP Muhammadiyah Tembilahan menjadi salah satu sekolah yang menerima bantuan peralatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dari pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Kini proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah Tembilahan terutama yang mengharuskan memakai peralatan TIK semakin mudah sehingga siswa dapat fokus dalam belajar.

Diketahui, Kemendikbudristek melalui Direktorat Sekolah Menengah Pertama pada tahun ini kembali memberikan bantuan peralatan TIK ke berbagai satuan pendidikan jenjang SMP di Indonesia.

Sesuai informasi dalam laman resmi Direktorat SMP Kemdikbud, ada empat jenis perangkat yang diserahkan dimana sejumlah bantuan tersebut diperuntukkan bagi satuan pendidikan yang layak menerima.

Kebijakan ini dilakukan dalam rangka mendukung digitalisasi sekolah, sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan.

Berbagai peralatan TIK tersebut juga diharapkan bisa memperluas sumber belajar siswa dan guru di sekolah.

Adapun bantuan peralatan TIK untuk SMP Tahun 2022 yaitu :
1. Chromebook
Laptop Chromebook diberikan kepada berbagai sekolah untuk kegiatan belajar dan mengajar yang membutuhkan perangkat komputer.

Perangkat ini juga bisa dipakai untuk pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Jumlah laptop Chromebook yang diterima oleh sekolah yang berhak adalah 15 unit.

2. Proyektor
Proyektor yang diserahkan oleh Kemendikbudristek tidak terbatas untuk proses belajar dan mengajar di kelas saja. Kegiatan rapat guru dan organisasi siswa maupun kegiatan lainnya juga dikatakan bisa memanfaatkan fasilitas ini. Setiap sekolah yang berhak menerima mendapat satu unit proyektor.

3. Router
Perangkat berikutnya yang diberikan adalah router dan termasuk modem. Jenis router yang diberikan sendiri adalah yang berbentuk nirkabel. Setiap sekolah memperoleh satu unit.

4. Konektor
Terakhir, sekolah memperoleh konektor sebanyak satu unit. Saat menerima seluruh bantuan ini, sekolah diminta agar proses penerimaan barang didokumentasikan.

Serah Terima bantuan dari Kemendikbud

Terhadap bantuan dari Kemendikbudristek tersebut, Kepala SMP Muhammadiyah Tembilahan menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur.

"Terima kasih pihak Kemendikbudristek yang memberikan bantuan kepada sekolah kami serta pihak Disdik Inhil yang juga telah mensuport. Peralatan TIK ini sudah lama kami butuhkan untuk keperluan belajar mengajar," ungkap Yusuf S.Pd.i selaku Kepala SMP Muhammadiyah Tembilahan.