Tim Diskop dan UKM Inhil Monitoring ke UMKM Gula Merah Sari Nira

Selasa, 06 Desember 2022

Tim dari Diskop dan UKM Inhil bersama Pemilik UMKM Gula Merah Sari Nira memperlihatkan produk yang sudah siap dijual di pasaran

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - Tim dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan monitoring ke Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Gula Merah Sari Nira di Jalan M Boya Lorong Durian Tembilahan.

Kepala Diskop dan UKM Inhil Ir H Illyanto MT diwakili Kasubag Keuangan dan Perlengkapan Hj Sri Wahyuni SSos mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memantau perkembangan dan sekaligus memberikan pembinaan langsung kepada UMKM yang ada di Kabupaten Inhil.

"Dengan hadirnya kami kesini, mudah-mudahan dapat memberikan solusi, serta mendengar berbagai keluhan atau masukan yang disampaikan oleh para pelaku UMKM," ujarnya di Tembilahan, kemarin.

Sementara itu, Pemilik UMKM Sari Nira Burhanuddin menjelaskan, usaha penjualan Gula Merah Sari Nira yang telah digelutinya sejak tahun 2021 lalu ini berasal dari Desa Sialang Panjang.

"Pembuatan gula merah ini menggunakan bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet, dengan memakai alat tradisional berupa bambu yang sudah dicetak. Sedangkan tempat produksinya di Desa Sialang Panjang dan market pemasarannya di Tembilahan dan daerah sekitar," terangnya.

Untuk jumlah produksinya, lanjut Burhanuddin, dalam sehari bisa mencapai 24 hingga 45 kilogram (kg), dengan harga jual Rp 22.000 perkilo.

"Selain dijual disini, kita juga menawarkan pembelian secara online atau melalui media sosial (medsos). Jadi bagi yang ingin memesan bisa menghubungi nomor Handphone 082268466678," imbuhnya.