Dapat Alokasi Dana APBN Bangun Dermaga, Dishub Inhil Lengkapi Administrasi

Jumat, 30 Desember 2022

PEKANBARU - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Riau - Kepulauan Riau menggelar Ekspose Persiapan Pembangunan Dermaga di Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dana DIPA Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Tahun 2023/2024.

Acara digelar di ruang Rapat BPTD Wilayah IV Riau-Kepri di Pekanbaru, Rabu 18 Desember 2022. Kegiatan Ekspose dipimpin Rizkan Kasi TSDP Rizkan mewakili Kepala Balai Yugo Antoro.

Hadir pada pertemuan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Indrawansyah Syarkowi, SE, M.Si didampingi Kabid Prasarana Sumitro dan Kasi Sarpras Toni.

Kepala Dishub Inhil Indrawansyah Syarkowi, SE, M. Si menyampaikan keseriusan Pemda menarik sebanyak-banyak nya dana APBN untuk pembiayaan pembangunan sektor Transportasi di negeri seribu parit.

"Kendala kita selama ini ketika sudah mendapatkan alokasi dana APBN untuk pembangunan kita belum punya FS, DED, dan kepastian status lahan, makanya untuk penganggaran kedepan saya lebih mendorong Dishub untuk menganggarkan FS dan DED" ujar Indrawansyah.
"Dishub Inhil menganggarkan perencanaannya saja untuk pembangunan fisik nya melalui Bankeu Provinsi/ DPA Dishub Provinsi Riau dan DAK/ DIPA Kementerian kolaborasi penganggaran seperti ini yang perlu dilakukan agar kegiatan pembangunan bisa terlaksana dengan efektif, efisien dan tepat sasaran," lanjut Indrawansyah.

Sesuai dengan Perdirjen Hubdat Nomor : 539 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perencanaan, Pembangunan dan Evaluasi Kinerja Pelabuhan Sungai, Danau dan Penyeberangan masih ada persyaratan administrasi dari 4 Dermaga Sungai yang akan dibangun untuk dilengkapi.

Jika dapat dipenuhi pada awal tahun 2023 maka Pembangunannya bisa dianggarkan tahun 2023 tapi kalau tak bisa dilengkapi diawal tahun 2023 persyaratan administrasinya maka dianggarkan tahun 2024.