Kadishub Inhil Usulkan Pembangunan Sektor Perhubungan saat Pra Rakortekbang Bappedalitbang Riau

Jumat, 13 Januari 2023

Kadishub Inhil, Indrawansyah saat menyampaikan usulan pembangunan sektor perhubungan di Kabupaten Inhil.

INHILKLIK.COM, PEKANBARU - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Indrawansyah Syarkowi menyampaikan beberapa usulan pembangunan sektor perhubungan di negeri seribu parit ketika menghadiri Pra Rakortekbang Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan yang digelar Bappedalitbang Provinsi Riau, Rabu (12/01/2023) di Pekanbaru.

Beberapa hal yang dipaparkan Indrawansyah yaitu terkait status jalan nasional menuju pelabuhan samudera Kuala Enok yang turun kelas, usulan menjadikan gedung uji di Jembatan Rumbai Jaya menjadi Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor, penataan Pedestrian Trotoar untuk pejalan kaki, pembangunan perlengkapan jalan disepanjang ruas jalan nasional, pembangunan pelabuhan penyeberangan roro dan dermaga-dermaga sungai.

"Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir melalui Forum ini bisa menyampaikan usulan kegiatan Pembangunan Sektor Perhubungan melalui dana APBN dan APBD Provinsi Riau, kita usulkan semua kebutuhan kita mudah-mudahan bisa dipertimbangkan dan menjadi skala Prioritas," ujar Indrawansyah ketika dikonfirmasi awak media.

Indrawansyah menambahkan pihaknya akan berkordinasi dengan pihak PT. Pelindo agar segera bergerak untuk pengembangan pelabuhan Kuala Enok sebagai alternatif pelabuhan eksport dan Import untuk Riau Bagian Selatan sehingga bisa mengurangi kepadatan di Pelabuhan Dumai.

"Saya juga sampaikan dengan para Narasumber keberadaan Pelabuhan Samudera Kuala Enok itu bisa menjadi alternatif pelabuhan eksport dan Import untuk Riau Bagian Selatan sehingga bisa mengurangi kepadatan di Pelabuhan Dumai," tambah Indrawansyah.

Selain Kadishub, juga hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Kepala Bappeda Drs. T. M. Syaifullah, MM, Kepala Dinas PUTR Umar, ST, MT dan Kepala Dinas Perkim Yusnaldi, ST, MT.

Sementara itu hadir sebagai Narasumber Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappelitbang Provinsi Riau, Kepala Balai Pengelola Jalan Nasional Wilayah Riau, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Riau-Kepri, Kepala Balai Wilayah Sumatera III, Kepala  Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau.