Semarak Puncak Bulan K3, Meneguhkan Komitmen RSUP untuk Keselamatan Kerja

Senin, 13 Februari 2023

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - PT Riau Sakti United Plantations (RSUP) Pulau Burung sukses menggelar puncak peringatan dan apel Bulan Keselematan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2023, Minggu (12/02/2023).

Kegiatan tersebut sekaligus menutup rangkaian panjang selama lebih dari satu bulan sejak 28 Desember lalu dimana berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka Bulan K3.

Mulai dari kegiatan simulasi pelatihan pemadam kebakaran, penangan bahan kimia, simulasi P3K, simulasi tanggap darurat, huru hara, olahraga volly ball, hingga lomba senam.

Selain apel, kegiatan puncak Bulan K3 di RSUP juga diisi dengan acara senam sehat dan jalan santai yang diikuti oleh para karyawan dan keluarga, kemudian dilajutkan dengan kegiatan penyerahan penghargaan dan bagi-bagi hadiah.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 6 pagi itu dihadiri Koordinator Wilayah IV Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Riau, Achmad Mulyadi, Camat Pulau Burung, Kapolsek Pulau Burung, Dandramil Pulau Burung, dan Ketua PWI Inhil.

Selain itu juga turut hadir Kepala UPT Puskesmas Pulau Burung, Kepala Desa Pulau Burung, perwakilan P2K3 dari Perkebunan dan PT Pulau Sambu, para pelajar dari sekolah-sekolah yang ada di Pulai Burung.

Wakil Ketua Komite P2K3 PT RSUP Pulau Burung, Rusdam, ST mengatakan kegiatan peringatan Bulan K3 tahun ini dilaksanakan dengan lebih besar dan meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut dikatakan Rusdam sebagai wujud tingginya komitmen PT RSUP dalam mengkampanyekan dan menerapkan budaya K3 di lingkungan kerja.

"Beberapa divisi yang dinilai memiliki prestasi kinerja dalam penerapan Budaya K3 diberikan apresiasi serta penghargaan K3, ini untuk memotivasi agar kesadaran pentingnya budaya K3 ditempat kerja semakin baik," ujar Rusdam.

Rusdam juga menambahkan, lewat kegiatan jalan santai dan senam bersama akan mempererat hubungan silaturahmi antara pekerja dan masyarakat sekitar.

Koordinator Wilayah IV Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Riau, Achmad Mulyadi menyampiakan apresiasi kepada PT RSUP yg telah menyelenggarakan Apel Bulan K3 tahun 2023.

"Mungkin PT RSUP satu satunya perusahaan yang menyelenggarakan Apel Bulan K3 pada Tanggal 12 Pebruari 2023 hari ini," ujar Mulyadi dalam sambutannya.

Apresiasi juga diberikan Mulyadi kepada PT RSUP karena beberapa bulan terakhir tidak ada kecelakaan fatal yang terjadi di lingkungan kerja perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kelapa tersebut.

Mulyadi juga menyampaikan Pesan Dan Sambutan dari Menteri Tenaga Kerja R.I terkait Bulan K3 tahun 2023. Acara Puncak dan Apel Bulan K3 PT RSUP tahun 2023 ini diharapkan bisa menjadi bukti sebuah komitment menjalankan K3 melalui SMK3.

"Sebagaimana Amanat Menteri Tenaga Kerja RI yang pada akhirnya akan menciptakan tempat kerja yang aman, efisien dan produktif," ujar Mulyadi.