Peringatan Bulan K3 di PT Pulau Sambu di Kuala Enok Digelar Lebih Meriah

Selasa, 14 Februari 2023

INHILKLIK.COM, TEMBILAHAN - PT Pulau Sambu di Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Inhil Riau sukses menggelar puncak peringatan dan Upacara Penutupan Bulan Keselematan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2023, Selasa (14/02/2023).

Kegiatan tersebut sekaligus menutup rangkaian panjang selama satu bulan sejak 12 Januari 2023 dimana berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka Bulan K3.

Mulai dari kegiatan Lomba Senam Riau Sehat Kreasi, Open House Day dengan tema “Peduli LK3 di Lingkungan Tempat Tinggal”, Lomba menggambar poster K3, Lomba foto di Instagram/FB dan pelatihan kepada ibu-ibu Mess Karyawan terkait pemadaman api menggunakan APAR dan memadamkan api mengguanakan alat tradisional serta jalan santai.

Dilanjutkan senam sehat yang diikuti oleh para masyarakat sekitar, tenaga kerja dan keluarga, dilajutkan dengan kegiatan penyerahan door prize  yang cukup menarik.

Selain Upacara Penutupan Bulan K3, kegiatan puncak Bulan K3 PT Pulau Sambu di Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Inhil Riau juga diisi dengan acara penanaman pohon dan foto Bersama UPIKA Tanah Merah, dengan tamu undangan dan peserta.


Kegiatan Upacara Penutupan Bulan K3 yang dimulai pada pukul 08:30 WIB hadir sebagai Inspektur Upacara Koordinator Wilayah IV Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Riau, Achmad Mulyadi S.KM, M.Si.

Turut hadir juga dalam upacara tersebut Camat Tanah Merah, Kapolsek Tanah Merah beserta anggota, Dandramil Tanah Merah beserta staff, Komandan Pos Angkatan Laut beserta anggota.

Kemudian Kepala Desa Tanah Merah, Lurah Kelurahan Kuala Enok, Pimpinan YBDA beserta staff, perwakitan dari TOP Mgt, Mgr. Divisi, Mgr, Dept. serta perwakilan perwakilan departemen.

Ahli K3 Perusahaan PT Pulau Sambu, Andi Ridwan S.Pd mengatakan kegiatan Upacara Bulan K3 tahun ini dilaksanakan dengan lebih besar dan meriah mengundang pihak-pihak luar seperti Kowil IV Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Riau, UPIKA Tanah Merah, AL dan YBDA

Hal tersebut mengacu pada kebijakan lingkungan dan K3 PT Pulau Sambu bahwa kebijakan harus dikomunikasikan ke tenaga kerja dan pihak terkait.

"Dalam kesempatan ini perusahaan mensosialisasikan kebijakan ke semua karyawan dan pihak-pihak yang berkepentingan supaya tenaga kerja dan pihak-pihak yang berkepentingan dapat memahami sasaran-sasaran apa yang akan dicapai untuk memenuhi kebijakan tersebut," jelas Andi Ridwan.

Sementara itu Humas PT Pulau Sambu Uddin S. mengatakan kegiatan Upacara Bulan  K3 ini adalah bentuk kepedulian perusahaan dan juga tenaga kerja terhadap penerapan dan kepatuhan K3 pada setiap tempat kerja.

"Dengan kegiatan kampanya K3 diharapkan penerapan K3 semakin menjadi budaya ditempat kerja, dan selanjutnya akan berdampak pada peningkatan produktifitas," ujar Uddin S.


Koordinator Wilayah IV Pengawasan Ketenagakerjaan Provinsi Riau, Achmad Mulyadi S.KM, M.Si menyampiakan apresiasi kepada PT Pulau Sambu yang telah menyelenggarakan Upacara Bulan K3 tahun 2023.

Dalam kesempatan itu Mulyadi menyampaikan sambutan Mentri ketenagakerjaan RI dengan tema "Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja”

Disampaikan Mulyadi tema tersebut bertujuan terciptanya pekerjaan yang aman, efisien dan produktif dengan harapan bahwa semangat tema ini akan terwujud menjamin keamanan di setiap lingkup baik itu atau siapapun orang yang berada di lingkup pekerjaan akan terjamin keamannya.

"Dengan budaya K3 ini akan mampu meningkatkan efisiensi, tentunya Ketika efisien maka produktifitas meningkat hasil produksi. Menjalankan regulasi dan norma sehingga mampu mewujudkan kesejahtraanbaik kesejahtraan secara khusus para pekerja maupun kepada masyakat secara umumnya," jelas Mulyadi.

Mulyadi menambahkan pentingnya pemahaman dan kesadaran semua pihak untuk dapat melaksanakan K3. Tanpa pemahaman dan pengetahuan serta kesadaran untuk melaksanakan penerapan K3, maka mustahil K3 akan berjalan dengan baik di tempat kerja.

"Terima kasih kami ucapkan kepada PT Pulau Sambu yang sudah menyelenggarakan acara ini, Alhamdulillah hari Minggu Tanggal 12 Februari 2023 saya menghadiri Apel bulan K3 di RSUP dengan sukses, ini yang kedua kalinya saya menghadiri bulan K3 di Sambu Group," kata Mulyadi.

"Semoga se Inhil ini kompak terus, saya sudah mempunyai forum FKP (Forum Komunikasi Perusahaan) Inhil di ketuai oleh Andi Ridwan. Pada hari Senin,  tanggal 27 Februari 2023 akan di laksanakan Apel Bulan K3 tingkat Kabupaten di kecamatan kemuning, yang akan dihadiri pemerintah propinsi dan pemerintah kabupaten," tutupnya.