Sosialisasi Tertib Administrasi Kios Pengecer Pupuk Subsidi Binaan CV.BAS dan HSC

Rabu, 08 Maret 2023

Distributor CV. BAS , Rismauli Nadeak saat memberikan paparan.

INHILKLIK.COM, SERGAI | CV. Bedagai Agro Sejati (BAS) dan CV. Hanim Setia Cemerlang (HSC) mengadakan sosialisasi tertib administrasi kios pengecer pupuk subsidi binaan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), bertempat di Saung Pak Ketut, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai, Sumut, Rabu (8/3/2023).

 

Adapun peserta sosialisasi tersebut, pada kios pengecer untuk sesi pertama sekira pukul 10.00 WIB s/d acara makan siang bersama, diantaranya wilayah Kecamatan Perbaungan, Teluk Mengkudu dan Bintang Bayu.

Sedangkan sesi kedua, dimulai dengan makan siang berakhir s/d sekira pukul 16.30 WIB yakni wilayah Kecamatan Pantai Cermin, Pegajahan dan Serbajadi.

Sementara narasumber diantaranya pihak everval, Pupuk Indonesia bapak Fiqih, Distributor BAS Rismauli Nadeak, dan Distributor HSC Ibnu H. Sumantri.

Distributor BAS Rismauli Nadeak, didampingi Distributor HSC Ibnu H. Sumantri, menyampaikan kegiatan tersebut digelar dalam rangka menghadapi musim tanam I (pertama), maka kami melakukan sosialisasi kepada kios-kios karena setiap tahun sistem beda, tahun ini ada perubahan dari e -RDKK dan sekarang e- Alokasi.

"e-alokasi ini lebih tepat sasaran dan transparan dengan alokasi pupuk petani masing-masing, dalam menebus pupuk subsidi melalui kios pengecer langsung,"ujarnya.

Rismauli menegaskan, karena banyak para kios pengecer  terlena, dan kami tekankan juga agar jangan menjual ke kelompok tani, karena kemungkinan terjadi kelompok tani menjual lagi ke petani, jadi harus melakukan penyaluran ke kios masing-masing.

"Hal ini bertujuan juga untuk tertib administrasi terutama di kios kios, agar tidak semerawut,"katanya.

Lanjutnya, karena saat ini ada perubahan Permentan nomor 10 tahun 2022, terbit pada bulan Juli Tahun 2022, bahwa khususnya alokasi pupuk sangat menguntungkan bagi Kabupaten Serdang Bedagai karena sentra pangan / pertanian.

Tak lupa, kita juga sangat apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melalui Dinas Pertanian yang telah maksimal meng-upload e-alokasi hingga mencapai 98 persen.

"Hal ini berkat kerja keras Dinas Pertanian, sehingga alokasi pupuk subsidi meningkat di Kabupaten Serdang Bedagai dibandingkan Kabupaten lain yang juga sebagai sentra pangan,"ujar Rismauli sembari ditambahkan Ibnu.

Distributor CV. BAS, dan Distributor CV. HSC berharap  kepada kios-kios binaan, kerjakan lah administrasi itu 10 x 1 dan jangan 1x10 dan jangan lagi mau akhir bulan baru dikerjakan laporannya, maka dengan tertib administrasi agar aman penyaluran tersebut.

"Apabila tidak tertib administrasi akan kami berikan pinalti. Artinya, apabila tidak tertib juga maka tidak disalurkan untuk penebusan alokasi pupuk, hal itu kami lakukan agar pupuk subsidi ini tepat sasaran kepada para petani,"pungkasnya.