Setiap Hari PKB Inhil Siapkan 100 Paket Santap Berbuka Selama Ramadhan

Selasa, 28 Maret 2023

Ketua DPC PKB Inhil Iwan Taruna menyerahkan menu berbuk kepada tukang becak.

TEMBILAHAN - Untuk tahun ke-4, DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali menggelar kegiatan berbagi menu buka puasa dan takjil melalui program 'PKB Berbagi' disetiap bulan suci Ramadhan.

Seperti tahun sebelumnya, PKB Berbagi dibantu langsung oleh relawan dari pengurus DPC PKB Inhil, Pengurus Organisasi Sayap hingga Pengurus PKB di tingkat Anak Cabang.

Menurut Koordinator PKB Berbagi Raja Anjasmara, meski dengan menu yang sederhana, namun antusias masyarakat penerima begitu tinggi. Terbukti, setiap harinya begitu banyak masyarakat yang berprofesi sebagai tukang becak dan ojek mengantre di depan Kantor DPC PKB Inhil Jalan Suntung Ardi Tembilahan demi mendapatkan bungkusan berbuka puasa.

"Karena sudah terlanjur banyak berkumpul di depan kantor, jadi untuk puasa hari ke 5 ini kita bagikan saja kepada warga yang sudah terlanjur kumpul depan kantor. Hari berikutnya baru kita berkeliling sesuai rute yang ditentukan," kata Anjas, kepada awak media usai membagikan nasi kotak dan takjil buka puasa, Senin (26/3/2023).

Setiap hari itu, kata Anjas, menunya berbeda-beda. Memang sengaja dikreasikan tim dapur umum PKB biar tidak bosan. "Setiap harinya, kami menyiapkan 100 bungkus nasi yang dibagikan seluruhnya kepada masyarakat. Kita menggunakan mobil pick-up berkeliling untuk mendistribusikan ke masyarakat," kata Anjas.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Inhil, Iwan Taruna mengungkapkan, kegiatan PKB Berbagi ini memang dilaksanakan secara rutin sejak tahun sebelumnya. Kegiatan ini, tutur Iwan merupakan wujud kepedulian DPC PKB Inhil terhadap sesama di bulan Ramadhan.

"Tahun ini, kita kembali menggelar PKB Berbagi. Alahmdulillah, Ini sudah puasa ke-5 kita melaksanakan," kata Iwan.

Iwan menambahkan, selain wujud kepedulian terhadap sesama, kegiatan PKB Berbagi juga berefek terhadap kekompakan antar pengurus yang kian terjalin. Sebab, melibatkan sejumlah pengurus PKB dalam menyiapkan menu berbuka puasa. Melalui kegiatan ini, PKB Inhil juga dapat mengeksplorasi kemampuan memasak dari para pengurus.

"Dari jam 8 pagi itu sudah mulai menyiapkan bahan. Dibagi tugasnya, ada yang mengupas bawang, motong cabe, membungkus, memasak dan lain sebagainya. Untuk rasanya, tidak mengecewakanlah," jelas Iwan dibarengi tawa.

Terakhir, Iwan berharap, nasi kotak dan takjil dari DPC PKB Inhil ini dapat memberikan manfaat, menemani santap buka puasa masyarakat. Dia juga mengharapkan agar kegiatan PKB Berbagi menjadi berkah tersendiri, baik itu kepada DPC PKB Inhil maupun selurun pengurus yang terlibat.

"Semoga saja kegiatan bisa terus berlanjut hingga akhir Ramadhan tahun ini, bahkan kalau bisa berlanjut hingga Ramadhan tahun-tahun berikutnya," pungkas Iwan mengamini.