PAN Optimistis Erick Thohir Cawapres Pilihan Masyarakat

Senin, 03 April 2023

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir. (dok. Kemendag)

Partai Amanat Nasional (PAN) semakin memantapkan pengusungan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden. Mantan Presiden Intermilan itu dinilai sangat layak untuk maju menjadi calon wakil presiden pada Pemilu 2024.  

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan, Erick Thohir merupakan figur yang banyak disukai. Hal itu tak terlepas dari kepemimpinan Erick Thohir yang kaya dengan berbagai capaian gemilang. "Untuk cawapres, salah satunya Erick Thohir," kata Viva dalam keterangannya di Jakarta pada Ahad (2/4/2023).

Erick Thohir merupakan sosok sudah banyak dikenal oleh kader PAN di berbagai wilayah. Kedekatan yang terbangun dengan berbagai unsur PAN bahkan membuatnya sudah menjadi bagian dari keluarga PAN.

Kondisi demikian, tambah dia, makin dikuatkan dengan adanya  kedekatan khusus Erick Thohir dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Hal tersebut terlihat dari intensitas kebersamaan keduanya yang kerap kali berada dalam satu agenda sama.

"(Erick Thohir) Cawapres. Erick Thohir sama bang Zul itu kaya ade kakak, sama-sama orang Lampung,” ucap Viva.

Namun terpenting, ungkap dia, kepemimpinan Erick Thohir satu perjuangan dengan PAN yakni mengutamakan peningkatan  kesejahteraan masyarakat. Sehingga semakin menguatkan

“Dan Erick kan punya visi. Nanti kita lihat lah, kan masih lama,” kata Viva.

Elektabilitas
Sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani, menanggapi naiknya elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.
"Erick Tohir melakukan kerja-kerja elektoral yang serius dengan terus menyentuh segmen-segmen masyarakat yang selama ini belum mengenal dirinya dengan cukup baik," kata Asrul.

Selain itu, kerja-kerja elektoral Erick yang diwujudkan dengan berbagai kegiatan dapat diterima oleh kalangan yang lebih luas.

Kemudian, figur Erick dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai penerus kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meskipun dalam posisi sebagai cawapres.

Adanya apresiasi atas kinerja Erick Thohir dalam memimpin BUMN yang berkontribusi secara nyata, bagi kehidupan masyarakat dan juga pada bidang olahraga.

"Ada pengakuan dan penerimaan terhadap kinerja Erick baik sebagai Meneg BUMN maupun pengusaha yang memiliki kontribusi dalam berbagai kegiatan sosial dan olahraga," jelasnya.

Terpilihnya Erick sebagai Ketum PSSI, karena aktivitas Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Harlah Satu Abad NU, turut menyumbangkan akseptabilitas dan elektabilitas.

Bagi kalangan PPP sendiri, kenaikan elektabilitas Erick Thohir ini menggembirakan karena Erick adalah satu sosok yang juga digadang-gadang sejumlah kalangan internal PPP untuk menjadi cawapres.

Kenaikan eektabilitas Erick Thohir sebagai kandidat baka calon wakil presiden (cawapres) tercermin dari dua hasil survei nasional terbaru dari Indo Barometer dan Indikator Politik Indonesia.

Menurut hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia, pada simulasi tujuh nama cawapres, elektabilitas Erick Thohir ada di papan atas dengan memperoleh 21,3 persen. Tren elektabilitas Erick menguat lebih besar, dari 9 persen di bulan Oktober 2022, 10 persen di akhir November 2022, melonjak ke 21 persen di Februari 2023.