Bupati Wardan Harapkan Hasil Sensus Pertanian Dapat Menjawab Isu Global

Rabu, 24 Mei 2023

INHIL, - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Drs. H. Muhammad Wardan, MP mengharapkan hasil dari sensus pertanian dapat menjawab isu strategis di sektor pertanian baik pada tingkat global maupun tingkat nasional seperti ketahanan pangan (Food Security) baik ketersediaan, akses, dan keterjangkauan, kualitas dan keamanan pangan (Nutrition), serta keberlanjutan (Sustainability) secara sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Hal itu disampaikan Bupati H. Muhammad Wardan saat membuka pelatihan petugas sensus pertanian tahun 2023 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Inhil, Rabu (24/05/2023). Bertempat disalah satu Hotel yang ada di Tembilahan.

Pembukaan pelatihan ini ditandai dengan pengalungan tanda peserta dan pemasangan atribut oleh Bupati H. Muhammad Wardan didampingi Kepala BPS Inhil Sudiro.

Mengingat pentingnya kegiatan pendataan sensus pertanian 2023 ini, maka Bupati juga berpesan kepada para Instruktur Daerah (Inda) agar bisa membawa peserta pelatihan antusias dan bersemangat, lakukan review disetiap selesai atau memulai pembelajaran agar peserta lebih paham.

"Kegiatan ini penting dilakukan karena manfaat dan tujuan dari penyelenggaraan sensus ini adalah untuk mendapatkan data yang akurat, data yang benar tentang pertanian. Selain itu bisa meniadi pedoman untuk menyusun program-program dibidang pertanian," tambah Bupati

Selanjutnya  Bupati  berpesan,  kepada  para  peserta  yang  hari  ini  diberikan  tugas  dan  amanah,  untuk  dapat  melaksan  kepercayaan  amanah  yang  diberikan  dengan  sebaik baiknya dengan penuh tanggungjawab  sehingga  nanti  hasil  dari  sensus  ini  maksimal  dan  betul- betul  mendapatkan  data  yang  valid  serta  mendapatkan  data  yang  akurat.

"Salah saudara-saudara menyajikan data dari sensus ini akan berdampak pada penetapan program dan kebijaksanaan kedepan," tegas Bupati

Terakhir, Bupati H. Muhammad Wardan juga menyampaikan ucapan terimakasih dengan diselenggarakannya kegiatan sensus pertanian tahun 2023 ini. 

Turut hadir dalam kesempatan, beberapa Pimpinan OPD terkait, Ketua KTNA, Ketua Pojok Statistik Unisi, para Instruktur Daerah dan sekitar 720 peserta yang dibagi dalam 3 gelombang.