Orang Terkaya di Asia Dikawal Pendekar Mematikan

Rabu, 31 Desember 2014

post

Pendiri Alibaba, Jack Ma (shanghaiist.com)

INHILKLIK.COM - Beberapa minggu yang lalu, dilaporkan pendiri Alibaba, Jack Ma, dengan kekayaan bersih senilai US$ 28,3 miliar, menggantikan Li Ka-shing sebagai orang terkaya di Asia.

Namun, beberapa hari belakangan ini media lebih tertarik untuk meliput pengawal pribadi Ma, yakni Li Tianjin. Dia adalah seorang guru Tai Chi dari sebuah kuil di Hangzhou.

Li, dengan tinggi 1,7 meter dan berat 85 kilogram, telah berlatih Tai Chi sejak usia delapan tahun. Li lahir di Chenjiagou, Kabupaten Wen, Provinsi Henan, tempat kelahiran Tai Chi.

Li adalah yang termuda di antara lima bersaudara, tapi yang paling terampil dalam seni bela diri. Dia mulai berlatih Tai Chi pada usia delapan tahun. Dan pada usia 14 tahun, ia menjadi murid Wang Xian, master Tai Chi gaya Chen, Qiantang Evening News melaporkan.

Pada 1998, Li yang berusia 19 tahun memenangkan penghargaan pertamanya di kompetisi Tai Chi. Setelah itu, dia terus mengoleksi gelar lagi di berbagai kejuaraan nasional sepanjang tahun-tahun berikutnya.

Sebuah cerita yang menggambarkan keterampilan seni bela diri Li Tianjin bahkan ditulis dalam biografi Ma:

"Ketika Ma dan anggota Nature Conservancy pergi ke Hulun Buir Grassland di Daerah Otonom Mongolia untuk melakukan studi, mereka bertemu dengan seorang pegulat Mongolia yang membuat tantangan kepada mereka, dengan mengatakan, "...tiga dari kalian dapat memilih salah satu dari kami untuk berkelahi."

Li Tianjin melangkah ke depan dan berkata, "Siapa pegulat terbaik di antara kalian semua? Ayo, bertarung dengan saya." Pada akhirnya, pegulat Mongolia tersebut dipukuli oleh Li Tianjin.

Tai Chi adalah seni bela diri yang gerakannya lambat dan lembut. Tai Chi biasanya dilakukan oleh orang tua, namun Li membuktikan bahwa seni bela diri ini efektif sebagai bentuk pertahanan diri.

Jack Ma adalah penggemar besar dari Tai Chi. Dia telah menerapkan filosofi Tai Chi dalam pendekatan bisnisnya. (Dream.co.id)