Vatikan Menemukan Uang Ratusan Juta Euro

Sabtu, 06 Desember 2014

post

Vatikan Menemukan Uang Ratusan Juta EuroINHILKLIK.COM, VATIKAN – Menteri Perekonomian Vatikan George Pell menemukan sekira ratusan juta Euro di berbagai rekening tabungan milik negeri tersebut.

Pell yang juga Kardinal dari Australia itu meyakini temuannya ini akan menyebabkan sistem keuangan di Vatikan akan berjalan lebih baik dari sebelumnya.

“Kami sudah melakukan audit terhadap sistem keuangan di Vatikan. Faktanya kami menemukan ratusan juta Euro di berbagai rekening tabungan dan uang itu tidak hilang, ini akan menjadi awal yang baik agar sistem keuangan di Vatikan lebih sehat,” ujar Pell, seperti dilansir Reuters, Jumat (5/12/2014).

Pell juga mengatakan tidak mau menuduh siapapun terkait temuannya ini, dia hanya meminta petugas penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus ini.

Pell ditunjuk Paus Fransiskus mengurus sistem keuangan di Vatikan. Pell merupakan orang pertama dari Australia yang menduduki jabatan tersebut, sebelumnya jabatan itu selalu dipegang oleh orang Italia.

Semenjak Paus Fransiskus naik takhta pada Maret 2013, Vatikan mendapat kritikan tajam terkait penggunaan anggaran selama ini. Hal ini dikarenakan anggaran di Vatikan tidak pernah diaudit oleh auditor independen. (Okezone)