Dinkes Inhil Minta Jika Ada Keluhan Hernia Segera Lakukan Pemeriksaan

Sabtu, 02 September 2023

Ilustrasi (sumber Google)

INHILKLIK, - Hernia adalah kondisi di mana organ dalam tubuh keluar melalui jaringan yang melemah di sekitarnya, menyebabkan terbentuknya benjolan. Jika tidak diobati, hernia dapat terjepit, mengakibatkan penyumbatan aliran darah dan kematian jaringan. 15/06/23

Dalam rangka memperingati bulan kesadaran hernia, Kadinkes Inhil memberikan penjelasan tentang penyakit hernia. Ia menyatakan bahwa hernia terjadi ketika organ atau jaringan menonjol melalui bukaan yang tidak normal. Umumnya, hernia terjadi pada perut atau usus.

"Gejala yang biasanya muncul adalah tonjolan, pembengkakan, atau rasa sakit. Namun, dalam beberapa kasus, tidak ada gejala yang terlihat," ungkap Rahmi.

Rahmi menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan penyuluhan dan edukasi melalui petugas medis di puskesmas di wilayah tugas mereka masing-masing.

"Kami juga ingin mengimbau masyarakat terkait hernia. Harap berhati-hati terhadap penyakit hernia yang dapat muncul akibat pola makan, kebiasaan, atau gaya hidup yang dianut oleh masyarakat kita sendiri, serta melemahnya dinding otot atau jaringan ikat di sekitar organ dalam tubuh yang juga dipengaruhi oleh proses penuaan," jelas Rahmi.

"Pada bulan kesadaran hernia ini, kami terus memberikan imbauan dan peringatan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan mereka. Jika ada keluhan terkait dengan diri sendiri, diharapkan segera melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan kami, baik itu Pustu, Puskesmas, rumah sakit, maupun klinik," tambahnya. (Adv)