Bupati dan Wabup Hingga Anggota DPRD Hadiri Resepsi HUT Al-Jam'iyatul Washliyah ke-93 Sergai

Sabtu, 16 Desember 2023

SERGAI, INHILKLIK.COM - Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) Al-Jam'iyatul Washliyah ke-93 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dihadiri Bupati Sergai H.Darma wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan dan Ketua PW Al Jam'iyatul Washliyah Sumut H. Dedi Iskandar Batu Bara.

Kegiatan HUT AW ini mengambil tema "Kokohkan Kebersamaan, Tingkatkan Kepedulian" sekaligus Pelantikan PD Muslimat Al-Washliyah Sergai Periode 2023-2028, bertempat di Gedung MAS Al Washliyah 12, Kelurahan Batang Terap kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, pada Sabtu (16/12/2023).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana HUT Al-Washliyah ke-93 Sergai, Musriadi mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wabup serta seluruh pihak yang telah berkontribusi dan membantu mensukseskan HUT Al-Washliyah ke-93 di Kabupaten Serdang Bedagai hingga terlaksana dengan baik dan sukses.

Ketua PD Al-Washliyah Sergai, H. Dauli Damanik dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada kita semua yang ada disini telah memeriahkan HUT Al-Jamiyatul Washliyah ke-93 di Kabupaten Serdang Bedagai, sebelumnya kita juga telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya pembacaan sekaligus penghataman Al-Qur'an diseluruh sekolah dan Kecamatan ditingkat Pengurus Cabang (PC).

"Mudah-mudahan Al-Qur'an yang telah kita baca mem booming di Kabupaten Serdang Bedagai ini dan juga kita telah melakukan ziarah kubur kepada tokoh dan pendiri Al-Jamiyatul Washliyah," ujarnya.

Dauli Damanik juga mengatakan kita juga telah mengikuti perlombaan yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara dan Alhamdulillah diantara Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara PD Al-Jamiyatul Washliyah bersama Muslimat Al-Jamiyatul Washliyah mendapatkan juara terbanyak diacara HUT ke 93 Provinsi Sumatera Utara.

"Kita juga telah melakukan penggalangan dana untuk saudara kita yang ada di Palestina dan sudah kita salurkan melalui Kakan Kemenag Sergai dan juga melalui Al-Jamiyatul Washliyah Provinsi Sumatera Utara,"paparnya lagi.

"Pengurus Daerah Al-Jamiyatul Washliyah Sergai akan memberikan penghargaan kepada tokoh dan ulama yang telah berjasa kepada Al-Jamiatul Washliyah yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai,"tutup Dauli Damanik.

Kakan Kemenag Sergai Zulkifli Sitorus, S.Ag., MA dalam sambutannya menjelaskan kehadiran Al-Jamiyatul Washliyah di Kabupaten Serdang Bedagai sudah menyelesaikan sepertiga  Visi Bupati dan Wakil Bupati Sergai.

"Dari 140 Madrasah yang ada di Sergai dengan 61  itu adalah tingkat Al-Washliyah artinya 40 persen madrasah yang ada di Sergai ini adalah Al-Washliyah artinya kontribusi Al-Washliyah dalam bidang pendidikan sangat besar bagi perkembangan pendidikan agama,"sebutnya.

"Ini tentunya akan melahirkan orang-orang hebat yang bisa memberikan kontribusi kepada pembangunan di Kabupaten Serdang Bedagai dan kami dari kementrian agama sangat mengapresiasi bagai mana madrasah-madrasah yang ada di Sergai bisa berkembang,"pungkas Zulkifli Sitorus.

Sementara itu, H. Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai  H. Adlin Umar Yusri Tambunan dalam sambutannya mengatakan belum lama ini salah satu gedung sekolah Al-Washliyah yang ada di kabupaten Serdang Bedagai mengalami musibah kebakaran, oleh karenanya ini juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dan buktinya kami harus hadir ditengah-tengah rakyat.

"Al-Washliyah termasuk terbesar di Kabupaten Serdang Bedagai, maka Al-Washliyah juga sudah berkontribusi banyak untuk Sergai.
Selain itu, kami juga tahun ini ada merencanakan pemberian intensif kepada guru-guru mengaji dan tahun ini kita akan berikan kepada 3000 orang guru mengaji,"kata Bupati.

Ditambahkan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan mengucapkan selamat HUT Al Jamiatul Washliyah ke 93 saya yakin Al Washliyah di Kabupaten Serdang Bedagai ini akan terus memberikan warna dan berkembang lebih pesat lagi dalam mewujudkan visi Kabupaten Serdang Bedagai yang Maju Terus, Mandiri Sejahtera dan Religius.

"Kemudian bukti penghormatan dan apresiasi terhadap Al-Washliyah di Sergai, maka kami Pemkab Sergai akan memberikan nama Jalan dengan nama tokoh pendiri Al-Washliyah yakni Arsyad Thalib Lubis,"ucapnya.

Terakhir, Ketua PW Al-Washliyah Sumut, H. Dedi Iskandar Batubara dalam arahannya menyampaikan kita telah memberikan penghargaan kepada begitu banyak tokoh-tokoh yang telah berkontribusi besar terhadap kemajuan Al Jam'iyatul Washliyah di Kabupaten Serdang Bedagai ini.

"Hal ini terbukti bahwa kita tidak pernah melupakan peran dan jasa orang-orang yang telah mendahului kita khususnya dalam membesarkan Al-Washliyah,"ujarnya.

Lanjutnya, hari ini amanah jabatannya ada sama kita, kita urus bagus-bagus kalaupun nanti orang mengingatnya Alhamdulillah kalaupun orang melupakannya setidaknya kita sudah merangkai perbuatan baik pada masa kita, biarkan saja sejarah mencatat apa yang kita torehkan.

"Al-Washliyah Sergai kemarin yang sangat banyak berkontribusi dalam pelaksanaan HUT Al-Washliyah ke-93 Provinsi Sumatera Utara dan diharapkan seluruh warga Al-Washliyah agar mendukung tokoh Al-Washliyah yang ikut bertarung dalam pemilu 2024,"sebut Dedi Iskandar Batubara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sergai H .Darma Wijaya dan wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Sekretaris PW Al-Washliyah Sumut Alim Nur Nasution, jajaran PD Al-Washliyah Sergai, Ketua DPRD Sergai diwakili Anggota DPRD F. PKS Satumin, Anggota DPRD Sumut F. Nasdem Dimas Tri Adji S.Kom, Anggota DPRD Sergai F. Gerindra dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, Forkopimcam Perbaungan, para Kepala Sekolah/Madrasah, Guru dan Pelajar serta para tokoh/sesepuh Al-Washliyah Sergai.

Adapun PD Muslimat Al-Washliyah  Kabupaten Serdang Bedagai, Periode 2023-2028 yang dilantik yakni Ketua Siti Hajar, S.Pd, Sekretaris Siti Rawiyah, S.Pd dan Bendahara Syusanti Yusuf serta seluruh pengurus lainnya.