Azmi Yuli Sitorus Serahkan Bantuan 10 Sampan Bermotor kepada Nelayan Sergai

Selasa, 26 Desember 2023

SERGAI, INHILKLIK.COM- Anggota DPRD Sumut Fraksi Gerindra, H Azmi Yuli Sitorus, SH, M.SP (AYS), menyerahkan bantuan 10 sampan bermotor kepada para nelayan di Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (23/12) kemarin.

Bantuan yang bersumber dari dana aspirasi DPRD Sumut melalui Dinas Kelautan dan Perikanan diharapkan dapat memacu kinerja nelayan untuk menangkap hasil laut di wilayah pantai tersebut.

Demikian dijelaskan anggota DPRD Sumut yang dikenal AYS kepada awak media, Selas (26/12/2023), merespon kegiatan penyerahan sampan bermotor yang diproduksi di wilayah tempat nelayan berada, itu.

Yakni, lanjut AYS, 10 sampan bermotor dibuat di Pantai Cermin Desa Lubuk Saban Dusun I, dengan mesin berkapasitas 15 tenaga kuda (horse power), bermesinkan Yamamoto made in China, sehingga dapat dipacu dengan kecepatan maksimal  390 knot.

"Sampan bermotor ini bisa menampung ikan maksimal 100 kg, dengan ketahanan maksimal pemakaian diperkirakan 10 tahun,"bilangnya.

Anggota Komisi A Dapil IV Tebingtinggi-Sergai ini mengatakan, proses pembuatan kapal dikerjakan Wagianto, di Desa Lubuk Saban Dusun I, Pantai Cermin.

Hadir di acara tersebut, Kepala Desa Lubuk Saban Suttusno, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut, yang diwakili Kabid Perikanan Tangkap, Yuliani Siregar.

Kemudian, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sergai diwakili Kabid SDM dan Pengelolaan Hasil Perikanan Deploma Sembiring, S.Pi, dan beberapa kelompok nelayan dan juga seluruh Tim Azmi Yuli Sitorus (AYS).

Adapun penerima bantuan sampan bermotor adalah kelompok usaha bersama (KUB) Nelayan Sri Bertuah 5 unit, dan KUB Nelayan Sri Rezeki 5 unit, yang keseluruhannya berjumlah 10 unit.

Terakhir, AYS  berharap bantuan tersebut dapat menyejahterakan kehidupan para nelayan di Pantai Cermin dan bisa memaksimalkan penangkapan ikan bahkan bisa melebihi target tangkapan ikan yang telah ditentukan.