Desa Sentang sekitarnya ada 4 'Kandang' Ayam, Warga Sebut Asal Lalat Tidak Diketahui

Sabtu, 30 Desember 2023

SERGAI, INHILKLIK.COM - Masyarakat Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai resah dengan ribuan lalat masuk ke rumah dan lingkungan yang diduga berasal dari salah satu ternak ayam milik pengusaha.

Terkait merebaknya lalat tersebut, menurut salah seorang warga sekitar ternak ayam milik Asui, yang tidak ingin disebutkan namanya kepada wartawan Jumat (29/12/2023)  mengatakan di Dusun III Desa Sentang ada Dua kandang ayam dan di Desa Bogak Besar Dusun I juga ada dua kandang yang baru dipanen ayamnya.

"Kalau yang di sentang Dusun III milik Asui pakai blower dan satunya lagi bukan milik Asui diketahui itu tidak pakai blower, sedangkan yang berada di Dusun I Desa Bogak Besar terdapat ada dua kandang ayam dan kedua-duanya tidak memiliki blower," ujarnya.

Lanjutnya, kami juga sebagai masyarakat disekitar ternak ayam terkhusus milik Asui tidak akan bersedia memberikan tanda tangan apabila usaha ternak ayam tidak memiliki blower, karena kalau menggunakan blower akan menghindarkan bau dan lalat.

"Jadi kalau pak Asui ini ternaknya pakai blower, tapi kita gak tau lalat ini juga darimana kita tidak bisa menuding, kalau tidak pihak berwenang nyatakan,"pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan warga Dusun III Desa Sentang yang tidak ingin disebutkan namanya kepada awak media menjelaskan di Desa Bogak Besar Dusun I itu ada dua kandang ayam yang baru dipanen dan kedua-duanya tidak memiliki blower kalau angin laut sedang kencang bertiup bau dan lalatnya sampai berimbas ke rumah kami.

"Jadi kami sebagai masyarakat Desa Sentang tidak bisa bilang dari mana datangnya lalat ini karena di Desa Sentang dan Desa Bogak Besar para peternak baru panen ayam dengan bersamaan," kata warga.

Untuk itu, kami masyarakat berharap kepada pengusaha ternak ayam yang ada di Desa Sentang dan Desa Bogak Besar sekitarnya agar memperhatikan lingkungan dan lebih mengutamakan kesehatan masyarakat lainnya.