Akhir Pekan, Hujan Sedang hingga Lebat Disertai Petir Bakal Guyur Riau

Sabtu, 30 Maret 2024

INHILKLIK - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau hari ini, Sabtu (30/03/2024).

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Mia V mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Mia.

Ia mengatakan pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, dan Kepulauan Meranti.

"Siang hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai," katanya.

Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Kota Pekanbaru," ulasnya.

Lanjut Mia, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Yang dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru pada siang atau sore dan malam atau dini hari," katanya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan Udara 55 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah).