Inilah Presiden Termiskin di Dunia

Ahad, 28 September 2014

post

Presiden Uruguay, Jose Mujica sedang menunggu antrean di rumah sakit (Twitter)
Presiden Uruguay, Jose Mujica sedang menunggu antrean di rumah sakit (Twitter)
INHILKLIK.COM - Anda pasti mengira seorang presiden hidup dikelilingi pengawal dan tinggal di rumah yang mewah. Tetapi tidak demikian halnya dengan presiden yang satu ini, Jose Mujica. Gaya hidupnya sangat berbeda dengan presiden pada umumnya.

Selama lebih dari 30 tahun, Presiden Uruguay ini bersama istrinya tinggal di sebuah rumah kecil di peternakan di dekat ibu kota Montevideo. Rumah tersebut hanya memiliki satu kamar tidur.

Dalam sebulan, sebenarnya ia menerima gaji sebesar Rp144,5 juta. Tetapi, ia memberikan 90 persen dari gajinya untuk amal. Tak heran dengan sisa gajinya tersebut, ia dijuluki presiden termiskin di dunia.

Ia juga salah satu dari sekian presiden yang sangat dicintai rakyatnya dengan kebijakan-kebijakannya yang kerap mengundang kontroversi.

Beberapa kebijakannya adalah melegalkan ganja, pernikahan sesama jenis dan aborsi. Untuk pengamanan, ia tak meminta banyak orang. Hanya dua orang polisi dan Manuela, anjing berkaki tiga. Sehari-harinya, ia hanya mengendarai mobil mungilnya, VW Beetle.

Mujica juga memiliki masa lalu yang menarik. Ia adalah pimpinan kelompok gerilyawan pada tahun 1960-an. Untuk membiayai perjuangannya, ia tak segan merampok bank. Sempat dipenjara selama 13 tahun sebelum akhirnya dilepaskan pada 1985 karena mendapat amnesti.

Ia juga dikenal sebagai seseorang yang selalu bicara blak-blakan. Dalam pidatonya saat konferensi Rio +20 pada 2012, ia secara gamblang melakukan kritik pedas terhadap konsumerisme. Pidato yang diunggah di Youtube ini ditonton oleh lebih dari 3 juta orang. (News/Suara)