Amerika “Ngotot” Ingin Pimpin Koalisi Perangi ISIS

Jumat, 12 September 2014

post

Presiden Amerika, Barack Obama. (Antara/Reuters/Azad Laskhari)
Presiden Amerika, Barack Obama. (Antara/Reuters/Azad Laskhari)
INHILKLIK.COM - Presiden Amerika Barack Obama mengungkapkan rencananya untuk mengajak sejumlah negara berkoalisi untuk melibas kelompok militan Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) yang kini menguasai sebagian Suriah dan Irak bagian utara.

Lebih dari itu, Obama dalam acara penggalangan dana di Baltimore, Amerika, Jumat (12/9/2014) atau Sabtu (13/9/2014) waktu Indonesia, menyatakan berniat untuk memimpin koalisi internasional tersebut.

“Kita akan membangun semacam koalisi yang memungkinan kita untuk memimpinnya, tapi bukan berarti tergantung pada apa yang kita (Amerika) lakukan,” seru Obama.

Dia juga menyebut saat ini adalah saatnya “waktu serius” bersikap untuk berperang melawan kejahatan.

Koalisi yang dimaksud Obama, yakni menggabungkan kekuatan sekutu di Barat dan negara-negara Teluk Arab bertempur dan memusnahkan ISIS.

Keseriusan Amerika ini menyusul pertemuan Obama dengan NATO pekan lalu di Wales, Inggris, serta rencana mengadakan konferensi dengan para pemimpin keamanan di markas PBB New York untuk menyepakati komitmen koalisi.

Sementara di kawasan Timur Tengah, Arab Saudi telah menyetujui menjadi tuan rumah buat misi pelatihan bagi pemberontak Suriah yang dianggap moderat oleh Amerika dan bisa memerangi ISIS. (Reuters/Suara)