Aplikasi Ini Bikin Anak Wajib Jawab Telepon Orang Tua

Ahad, 07 September 2014

post

Aplikasi Ini Bikin Anak Wajib Jawab Telepon Orang Tua  
Ilustrasi. torontosun.com
INHILKLIK.COM - Setiap orang tua pasti kesal apabila anak mereka tidak merespons panggilan teleponnya. Padahal panggilan telepon itu bisa saja penting, seperti menanyakan kondisi atau mengabarkan situasi darurat.

Seorang ibu asal Texas, Sharon Standifird, adalah salah satu ibu yang kesal akan hal tersebut. Anaknya, Bradley, selalu mengacuhkan panggilan teleponnya. "Saya rasa kita perlu menciptakan aplikasi yang bisa mematikan telepon mereka jika mereka tidak membalas panggilan," ujar Sharon sebagaimana dikutip dari Daily Telegraph, Senin, 18 Agustus 2014.

Sharon yang merupakan mantan tentara ini tak main-main dengan ucapannya tadi. Ia pun mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa menonaktifkan sebagian besar fungsi ponsel begitu sang anak tak membalas panggilannya. Aplikasi itu ia beri nama Ignore No More.

Ignore No More aktif begitu telepon dari nomor tertentu tak dibalas. Saat aplikasi itu aktif, ponsel hanya bisa digunakan untuk mengontak nomor-nomor darurat dan nomor tertentu yang sudah diatur pada instalasi awal.

Untuk bisa mengembalikan fungsi ponselnya, sang anak harus menelepon nomor-nomor yang sudah diatur tersebut. Nantinya pemegang nomor telepon itulah yang akan memberikan password untuk mengaktifkan kembali ponselnya. "Jadi, kalau Bradley ingin ponselnya kembali berfungsi, tak ada cara lain selain menghubungiku. SMS, game, tak akan aktif," ujar Sharon.

Sharon berkata, aplikasi tersebut memberi pelajaran kepada Bradley. "Ia jadi cepat dalam membalas telepon dan SMS dariku," ujarnya gembira. Bradley tidak ketinggalan memberikan komentar. Sang anak berkata bahwa aplikasi itu cukup bagus. "Bagi orang lain, bukan bagiku tentunya."

Sejauh ini, aplikasi Ignore No More hanya tersedia ponsel ber-OS Android. Di Google Play Store, aplikasi ini dijual dengan harga Rp 23.233. Aplikasi Ignore No More sejauh ini masih memiliki banyak bug. Sebagai contoh, tiap start up, aplikasi tiba-tiba kembali ke laman utama ponsel. Sharon, yang juga tengah mengembangkan versi iPhone, mengaku akan terus melakukan perbaikan. (Telegraf/Tempo)