Bupati Wardan Harapkan Sinergi dan Keselarasan PNPM-MPd

Jumat, 29 Agustus 2014

post

Riauterkini.com

INHILKLIK.COM, Tembilahan - Bupati Inhil, HM Wardan mengharapkan adanya sinergi dan keselarasan terhadap visi dan misi serta program-program dari pusat dengan program yang akan dilaksanakan di tingkat kabupaten hingga desa. 

Pernyataan ini disampaikan beliau saat membuka Rapat Koordinasi Kabupaten Inhil Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) tahun 2014, Kamis (28/8/14). 

"Diharapkan, melalui Rapat Koordinasi ini tentunya ada sesuatu hal yang harus dikoordinasikan dan disinkronkan,Salah satu tujuannya adalah untuk mensinergikan dan menselaraskan terhadap visi dan misi serta program-program dari pusat dengan program yang akan dilaksanakan di tingkat kabupaten hingga desa," ungkapnya. 

Lanjutnya, kegiatan ini sangat penting, beliau tidak mau hanya sekedar seremonial saja.Melalui Rakor ini kita dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PNPM Mandiri Pedesaan ini dan diharapkan kepada semua pihak terkait untuk selalu mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan. 

"Saya mengintruksikan, agar camat di lokasi pelaksanaan PNPM-Mpd untuk terus melakukan pembinaan dan mendukung semua kegiatan PNPM-MPd ini, demi kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan kegiatan PNPM-MPd di Kabupaten Inhil," imbaunya. 

Agar seluruh Kepala Desa, Lurah memantau semua kegiatan dan menjaga serta memilihara kegiatan-kegiatan yang sudah dibangun dari PNPM-MPd sehingga tidak membangun hal yang sama secara berulang-ulang, PJOK, BKAD, UPK dan pelaku di kecamatan secara pro aktif memberikan penguatan kepada pelaku-pelaku didesa. Dan kepala dinas instansi terkait yang telah mendapat pembangunan melalui program PNPM agar dimanfaatkan secara maksimal. 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Inhil menyebutkan, peserta Rakor berjumlah 200 orang terdiri dari Fasilitator Kabupaten-Kecamatan, PJOK dan Kepala Desa, Lurah di lokasi PNPM, Fasilitator Pemberdayaan dan teknik kecamatan, BKAD, UPK dan pendamping lokal. 

"Hasil dari rakor PNPM ini diharapkan dapat mensinergikan persepsi atas visi dan misi terkait arah kebijakan pemerintah pusat serta didapatkannya masukan dari pelaku-pelaku PNPM terkait isu-isu strategis pemberdayaan masyarakat dan desa," ujanya.

serta mengetahui dalam rangka mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin di pedesaan, pemerintah melakukan langkah-langkah pengintegrasian dan perluasan program-program penanggulangan kemiskinan yang berbasiskan pemberdayaan masyarakat kedalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaa (PNPM-MPd). (*) 

Teks photo : Bupati Inhil saat membuka Rapat Koordinasi Kabupaten Inhil Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) tahun 2014. 


Sumber: Riauterkini.com