Bayi Ini ‘Lahir’ Saat sang Ibu Jalani Operasi Jantung

Kamis, 26 Juni 2014

post

Ilustrasi (Reuters/Akhtar Soomro).
Ilustrasi (Reuters/Akhtar Soomro).
INHILKLIK.COM - Tak berlebihan jika Edita Tracey (35) menyebut putrinya yang baru lahir, sebagai sebuah keajaiban.  Betapa tidak, bayi perempuan yang kini berusia enam minggu itu lahir selamat, 30 detik setelah sang ibu menjalani perawatan akibat kondisi kritis yang dialaminya.

Kisah itu terjadi ketika usia kandungan Tracey memasuki minggu ke-36, sudah mendekati  masa kelahiran memang.  Tiba-tiba saja, perempuan dari Pensylvania ini merasakan tekanan di punggungnya.  Saat itu ia tak menyangka ini adalah tanda-tanda si jabang bayi bakal lahir lebih cepat dari waktunya. “Usia kandungan saya mendekati sembilan bulan, wajar jika merasa capai atau sakit di punggung,” ujarnya.

Namun akhirnya Tracey menyerah, setelah rasa sakit di punggungnya makin menghebat. Ia pun pergi ke rumah sakit terdekat. Dokter yang merawat Tracey, akhirnya menemukan kondisi yang membahayakan, yang dalam istilah kedokteran disebut aortic dissection. Ini adalah satu kondisi, di mana aorta utama yang mengalirkan darah langsung ke jantung, pecah akibat tekanan darah tinggi.

Tracey pun dilarikan ke ruang operasi, dan dokter memutuskan untuk melakukan bedah cesar sebelum melakukan operasi jantung. Dalam dalam waktu setengah menit si jabang bayi pun  lahir ke dunia.  Baru setelah itu dokter melakukan operasi untuk mengatasi situasi yang dihadapi Tracey. Operasi selama 9 jam itu berjalan lancar, dan ketika membuka matanya, Tracey tak percaya anaknya telah lahir ke dunia.

“Tak terbayangkan betapa bahagianya saya, ketika sadar melihat dia juga selamat,” ujarnya. Kini baik ibu dan anak, dalam kondisi sehat. Ajaib.. (abcnews.go.com/Suara)