Bertempat di Tembilahan, Empat Calon Bertarung di Musprov PSMTI Riau

Kamis, 29 Mei 2014

post

INHILKLIK.COM, Tembilahan - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau melaksanakan Musyawarah Provinsi (Musprov) III di Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), mulai 29 hingga 31 Mei besok. Empat orang bakal bertarung memperebutkan kursi Ketua Umum PSMTI Riau periode 2014-2018.

Musprov diawali dengan welcome dinner dan acara kesenian pada Kamis (29/5/2014) malam, sekaligus penandatangan prasasti Gedung Hati Gemilang yang menjadi tempat berlangsungnya Musprov.

Ketua Harian PSMTI Riau, Dr Tang Anthoni mengatakan, Musprov secara resmi dibuka pada hari ini, Jumat (30/5/2014) pukul 08.00 WIB. Pembukaan rencananya dilakukan oleh Ketua Umum PSMTI, David Herman Jaya dan dihadiri Ketua Umum Harian PSMTI, Teguh Prayetno serta Wakil Ketua Umum PSMTI, Tidarta Bagong.

Setelah dibuka, Musprov dilanjutkan dengan diskusi panel, sidang pleno dan sidang komisi. Sedangkan pemilihan Ketua Umum PSMTI Riau dilaksanakan pada Jumat malam mulai pukul 19.00 WIB melalui sidang pleno.

"Pada tanggal 31 Mei diadakan city tour untuk seluruh peserta agar mengenal Kota Tembilahan serta beli oleh-oleh khas Tembilahan," kata Tang.

Dijelaskan, agenda utama Musprov memilih Ketua Umum PSMTI Riau periode 2014-2018, mengevaluasi laporan kerja kepengurusan 2010-2014 dan menyusun program kerja sebagaimana yang diamanatkan AD/ART PSMTI.

"Terdapat 91 suara yang memilih Ketua Umum PSMTI Riau yang berasal dari Dewan Penasehat, Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, Dewan Pemeriksa Keuangan dan dari PSMTI Riau. Kemudian dari PSMTI kabupaten/kota dan kecamatan se-Riau," papar Tang.

Saat ini, lanjutnya, terdapat empat kandidat yang memenuhi syarat untuk maju menjadi calon Ketua PSMTI Riau, yaitu Peng Suyoto, Syukur, Stephen Sanjaya dan Kamin.

Tang berharap siapapun yang terpilih menjadi Ketua Umum PSMTI nantinya harus didukung dengan ketulusan. Semuanya demi keluarga besar Tionghoa di Riau.

Mengenai kiprah PSMTI Riau, Tang Anthoni mengatakan, kegiatan dan kehadiran PSMTI sudah banyak dikenal dan diakui masyarakat luas. "Semua ini berkat kerja keras kita bersama. Kontribusi media cetak dan elektronik yang ikut mensosialisasikan kegiatan-kegiatan PSMTI Riau juga sangat besar perannya," tambahnya.

Ketua Panitia Musprov III, Alex Chandra menambahkan, Musprov mengambil tema "Melalui Musyawarah Provinsi III PSMTI Riau Kita Mantapkan Jatidiri Tionghoa Indonesia Berasaskan Pancasila".

"Tema merupakan ungkapan tulus Tionghoa Indonesia. Kita sangat menjunjung Pancasila, UUD 45 dan NKRI. Kita bangga sebagai masyarakat Tionghoa Bangsa Indonesia," jelasnya.

Alex merasa bangga PSMTI Inhil dipercaya menjadi tuan rumah Musprov yang digelar empat tahun sekali ini. "Bahkan dapat melaksanakan di gedung sendiri, yaitu gedung serbaguna PSMTI Inhil yang bernama Gedung Hati Gemilang," jelasnya.

Alex memberikan apresiasi kepada warga Tionghoa Inhil yang telah berkontribusi membangun Gedung Hati Gemilang yang megah ini. Meski belum selesai 100 persen, katanya, namun secara fisik gedung sudah bisa dioperasikan untuk kegiatan sehari-hari  sebagai sport center dan sekretariat PSMTI Inhil. (halloriau.com)