Jalan Rengat-Tembilahan Terancam Putus Akibat Longsor

Jumat, 02 Mei 2014

post

Ilustrasi/Internet
INHILKLIK.COM, Rengat - Jalan Rengat-Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, terancam putus karena ada dua titik jalan nasional di daerah ini mengalami longsor hingga memakan bahu jalan.

Kabid Bina Marga Pekerjaan Umum Indragiri Hulu (Inhu), Yandrianto kepada pers Jumat (2/5) mentakan longsor terjadi akibat gerusan dari air sungai Indragiri, karena memang badan jalan tidak jauh dari sungai. Lonsor terjadi pada titik yang berada di KM 220 desa Sungai Raya kecamatan Rengat dan dusun Sindolas desa Teluk Sungkai kecamatan Kuala Cenaku.

“Kami sudah usulkan untuk perbaikan kepada kementrian PU melalui perwakilan mereka yang berada di Pekanbaru. Begitu juga dengan bidang Sumber Daya Air (SDA) yang juga sudah mengusulkan perbaikan turap sungai  tersebut," jelas Yandrianto.

Sejauh  ini, menurut Yandrianto, belum ada gambaran dari pihak kementrian untuk perbaikan jalan tersebut. Diakuianya, jika terus dibiarkan, maka jalan lintas menuju Indragiri Hilir tersebut akan terputus seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

Sementara itu, wakil bupati Inhu, Harman Harmaini juga menyayangkan terjadinya pembiaran terhadap kondisi jalan tersebut. Padahal sudah ada laporan dari Pemkab Inhu sendiri melalui dinas PU, terkait masalah tersebut.

Menurut Wabup, jalan tersebut memang sudah tidak layak lagi, karena sangat dekat aliran sungai, sehingga jika dilakukan perbaikan maka akan juga terjadi hal yang sama.

“Maka itu, kita sudah siapkan jalur alternatif, dimana jalan tersebut berada jauh dari aliran sungai, namun itu baru persiapan dan sudah diusulkan kepada pihak pusat," jelasnya.

Ia menegaskan, untuk perbaikan jalan tersebut, pihak kabupaten, tidak dibenarkan untuk menganggarkannya, karena merupakan tanggung jawab dari kementrian PU. Sementara untuk pengusulannya harus melalui proses yang terlalu panjang.

Wabup berharap, agar perbaikan jalan tersebut dapat segera dilakukan, karena jika tidak bisa lagi dilalui, tentunya akan sangat terkait dengan permasalahan ekonomi masyarakat. (MC Riau/ana)


Source: http://mediacenter.riau.go.id/