Sempena Hardiknas 2014, Bupati Inhil Canangkan Satu Desa Satu PAUD

Jumat, 02 Mei 2014

post

INHILKLIK.COM, Tembilahan - Sempena peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2014, Jumat (2/4/14), Bupati Inhil HM Wardan mencanangkan Program Satu Desa Satu PAUD di Kabupaten Inhil.

Pencanangan ini dilakukan usai menjadi pemimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah yang digelar di Lapangan Upacara Jalan Gajah Mada Tembilahan. Kegiatan yang mengusung tema 'Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul' ini dihadiri para pejabat Pemkab Inhil dan ratusan tenaga pendidik. 

"Pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan teknis semata, melainkan untuk membangun peradaban yang unggul. Dalam upaya mewujudkan peradaban manusia yang unggul tersebut, pemerintah terus meningkatkan akses layanan pendidikan secara inklusif dan berkeadilan," ungkap Bupati membacakan sambutan Mendikbud RI M Nuh. 

Terangnya, beberapa kebijakan dan program seperti BOS untuk Pendidikan Dasar dan Menengah, Bantuan Siswa Miskin, Bidikmisi, pengiriman guru untuk daerah terpencil, terdepan dan tertinggal, melalui SM3T, Bantuan Operasional untuk Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), pendirian perguruan tinggi negeri baru, dan sekolah berasrama, kebijakan dan program tersebut, menurut Mendikbud telah berhasil. 

Terbukti dengan naiknya Angka Partisipasi Kasar (APK) yang cukup tinggi dan lebih inklusif terutama pada tingkat SMP/MTs, SMA/A/K dan perguruan tinggi. 

Dalam meningkatkan mutu pendidikan, Mendikbud M Nuh menambahkan, pemerintah telah menggencarkan pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, rehabilitasi sekolah rusak, dan penerapan Kurikulum 2013. 

"Tahun ajaran 2014/2015 merupakan momentum untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme guru, kepala sekolah, dan pengawas selain juga merupakan momentum menata sistem perbukuan pelajaran," katanya. 

Bupati Inhil, HM Wardan menyampaikan, sejalan dengan program Kemendikbud, maka Pemkab Inhil berkomitmen bagi peningkatan akses pendidikan bagi masyarakat Inhil, mulai dari level pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pembenahan sarana dan prasarana pendidikan sampai ke pelosok Inhil. 

"Maka, pada hari ini saya mencanangkan Satu Desa Satu PAUD dan program pendukung lainnya sebagai komitmen mendukung kemajuan dunia pendidikan di Inhil," sebut mantan Kadisdik Provinsi Riau ini. 

Pencanangan Gerakan Satu Desa Satu PAUD ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Inhil, HM Wardan dan penyerahan beasiswa BPJS Ketenagakerjaan kepada siswa SD dan SMP serta beasiswa untuk pendidikan S1. (adv/hum/mar) 


Source: riauterkini.com