Panglima TNI Sidak Markas Kopassus, Ada Apa?

Jumat, 02 Mei 2014

post

Panglima TNI Jenderal Moeldoko, memberikan pengarahan kepada pasukan saat memimpin gelar kesiapan Satuan Tugas TNI, di Halim Perdanakusuma, Jakarta,(15/3). TNI mengirim 1.800 pasukan dari TNI-AD, TNI-AL, dan TNI-AU. TEMPO/Imam Sukamto
INHILKLIK.COM, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Moeldoko melakukan inspeksi mendadak ke Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung, Jakarta Timur, Jumat, 2 Mei 2014. Moeldoko dan rombongan tiba di Markas Kopassus sekitar pukul 08.00 WIB. 

"Begitu Panglima tiba, kebanyakan prajurit sedang olahraga," kata Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayor Jenderal Fuad Basya saat dihubungi Tempo pagi ini. 

Bahkan, Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal Agus Sutomo juga ikut berolahraga bersama anak buahnya itu. Menurut Fuad, Agus tampak kaget dengan kehadiran Panglima TNI. Seusai memberi hormat dan menjabat tangan Panglima TNI, Agus yang masih memakai celana pendek olahraga langsung memerintahkan seluruh anak buahnya bersiap. 

Komandan Jenderal Kopassus butuh waktu sekitar lima menit untuk berganti kostum tempur lengkap dengan senjata api laras panjang. Sedangkan seluruh anak buahnya butuh waktu sekitar 16 menit untuk bersiap dan berkumpul di lapangan Cilangkap.

"Hitungan waktu 16-17 menit itu sudah bagus," kata Fuad. (Baca: Arloji-arloji Mewah Moeldoko Versi Media Singapura  )

Menurut dia, inspeksi mendadak pada Jumat ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan pasukan TNI. Sebab bagi seorang prajurit, kesiapan dan kewaspadaan menjadi patokan utama dalam bertugas.

Seusai memeriksa pasukan, Moeldoko bergegas melihat rumah dan asrama dinas prajurit Kopassus. "Saat ini Panglima sedang menyaksikan prajurit TNI latihan terjun payung," kata Fuad.

Saat disinggung langkah Panglima selanjutnya, Fuad mengaku tak tahu. Menurut dia, bisa saja Panglima sidak ke Markas Marinir, Pasukhan Khas TNI AU, atau Markas Kostrad. "Tergantung nanti Panglima mintanya ke mana," kata dia. | tempo.co