Ini 6 Kecamatan yang Rawan Longsor di Kabupaten Indragiri Hilir

Senin, 21 April 2014

post

Foto longsor di Kuala Enok 12 Juni 2013
INHILKLIK.COM, Tembilahan – Pemerintah Pusat, melalui Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan pemetaan terhadap 6 kecamatan rawan longsor yang terdapat di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Adapun 6 zona itu meliputi Kecamatan Tembilahan, Tembilahan Hulu, Tempuling, Enok, Tanah Merah, dan Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra). Pemutaan itu merupakan yang pertama kalinya. Dimana dari hasil itu, sebagain besar daerah Inhil berpotensi longsor.

Kepala Dians Pertambangan dan Energi (Distamben) Inhil, H Dianto Mampanini mengatakan 6 kecamatan tersebut memiliki potensi longsor cukup besar. Namun untuk mastikanya, perlu dilakukan pemetaan dan penelitian oleh tim terhadap kondisi geografis dan lapisan tanah yang ada.

Hasil pemetaan, lanjut Dianto akan menjadi dasar pihaknya untuk mengusulkan pembangunan turap kepada kemetrian terkait. Paling tidak turap merupakan salah satu langkah untuk mencegah terjadinya tanah longsor.

“Langkah  itu membantu kita, terutama sekali dalam menyusun program pembangunan. Sehingga kita bisa mengetahui apa yang perlu dilakukan pada daerah-daerah rawan longsor itu,”ujarnya, Senin (21/4) pagi kemarin. (*)


Source: detikriau.co